VIVABOLA

Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Asia U-19 2014

Indonesia akan bersaing dengan raksasa Asia seperti Jepang dan Cina.
Minggu, 13 Oktober 2013
Oleh : Zaky Al-Yamani
Timnas Indonesia U-19 merayakan kegembiraan usai memastikan lolos ke Piala Asia U-19 2014.
VIVAbola - Setelah melalui persaingan sengit, 16 tim akhirnya memastikan melaju ke putaran final Piala Asia U-19 2014 Myanmar. Indonesia sendiri memastikan satu tempat di ajang yang akan dihelat pada 5 hingga 22 Oktober 2014 itu.

Negara-negara mana saja yang akhirnya lolos? Berikut ini hasil lengkap kualifikasi Piala Asia U-19 2014:

Di grup A, Qatar meraih satu tempat di putaran final setelah menjadi pemuncak klasemen grup dengan 12 poin dari empat kemenangan. Qatar didampingi Uzbekistan yang berstatus sebagai runner-up terbaik dengan raihan 9 poin.

Di grup B, Uni Emirat Arab (UEA) juga memastikan lolos setelah meraih poin sempurna, 12 poin dari empat kemenangan di empat laga. Berstatus sebagai runnerup terbaik, Yaman berhak mendampingi UEA.

Di grup C, Irak berhasil mengalahkan Bangladesh, Kuwait dan Pakistan sekaligus mengantongi satu tiket ke putaran final. Iran juga mengikuti jejak Irak dengan menjuarai grup D dan mengalahkan Arab Saudi yang hanya menempati posisi dua.

Di grup E, Oman juga memastikan satu tempat usai menyingkirkan Palestina, Bahrain dan Syuriah. Sukses juga dipetik Vietnam yang menjadi juara grup F. Vietnam didampingi Australia yang berstatus sebagai runnerup terbaik.

Di grup G, Indonesia berhasil keluar sebagai juara grup mengalahkan Korea Selatan, Filipina dan Laos. Meski kalah dari Indonesia di laga kualifikasi terakhir Sabtu malam kemarin, Korea Selatan tetap lolos ke putaran final karena berstatus sebagai runner-up terbaik.

Di grup H, diwakili oleh Korea Utara yang menjadi juara grup didampingi Thailand yang menjadi runnerup terbaik. Sedangkan grup H diwakili oleh Jepang yang menjadi juara grup didampingi China yang menjadi runnerup terbaik.

Dengan demikian, berikut ini 16 tim yang akan berlaga di putaran final Piala Asia U-19 2014 di Myanmar: Qatar, UEA, Irak, Iran, Oman, Vietnam, Indonesia, Korea Utara dan Jepang. 9 negara ini lolos dengan status juara grup.

Disusul Uzbekistan, Yaman, Australia, Korea Selatan, Thailand dan China. 6 negara ini lolos sebagai runnerup terbaik berdasarkan jumlah kemenangan dan agresifitas gol.

Selanjutnya 16 tim ini akan berlaga di Piala Asia U-19 edisi ke-38 yang akan digelar pada 5 hingga 22 Oktober 2014 mendatang. Korea Selatan berstatus sebagai juara bertahan dan mengantongi gelar paling banyak, yaitu 12 kali di ajang ini.
TERKAIT
    TERPOPULER