Dua Kali Kalah 0-6, Pelatih Timnas Australia Dipecat

Mantan pelatih Australia, Holger Osieck
Sumber :
  • www.zimbio.com
VIVAbola -
Drama 6 Gol, Prancis Kalahkan Rusia
Australia resmi memecat pelatihnya, Holger Osieck. Upaya ini tak lepas dari hasil buruk yang diraih oleh Socceroos dalam beberapa laga terakhir. Australia kalah empat kali beruntun. Mereka bahkan kalah 0-6 dari Brasil dan Prancis di laga persahabatan.

Daftar Tim Asia yang Lolos ke Babak 3 Pra Piala Dunia 2018

Posisi Osieck sebenarnya sudah berada dalam tekanan saat Australia takluk 0-6 dari Brasil pada September lalu. Pelatih asal Jerman ini dituntut meraih hasil positif saat menghadapi tuan rumah Prancis dalam laga persahabatan di Parc des Princes, Jumat 11 Oktober 2013 (Sabtu dini hari WIB).
Harry Redknapp Telan Kekalahan Memalukan dengan Yordania


Namun, ternyata, Socceroos kembali takluk setengah lusin gol. Gol kemenangan Les Bleus dicetak oleh Franck Ribery (8'), Olivier Giroud (16', 27'), Yohan Cabaye (29'), Mathieu Debuchy (47'), dan Karim Benzema (50').


Menurut laporan
Soccerway
, Federasi Sepakbola Australia (FFA) langsung memecat Osieck usai kekalahan memalukan tersebut. Pemecatannya bahkan hanya berselang dua jam setelah laga melawan Prancis.


Kini, muncul beberapa nama kandidat pengganti Osieck. Guus Hiddink yang mengantarkan Australia lolos ke 16 besar Piala Dunia 2006 menjadi kandidat utama. Selain itu, muncul nama pelatih beken seperti Gerard Houllier dan Marcelo Bielsa.


Jika FFA lebih memilih pelatih lokal, ada dua kandidat yang menjadi calon kuat. Mereka adalah pelatih Melbourne Victory, Ange Postecoglou dan pelatih Central Coast Mariners, Graham Arnold. Nama terakhir beberapa waktu lalu mengantarkan Central Coast ke final Piala Menpora 2013 sebelum dikalahkan Arema Indonesia 1-2.


Osieck mulai menukangi Australia pada 2010. Pria 65 tahun ini sempat mengantarkan Australia menjadi
runner-up
Piala Asia 2011. Osieck juga telah memastikan Socceroos lolos ke Piala Dunia 2014 setelah finis menjadi
runner-up
grup B babak keempat zona Asia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya