5 Negara Kecil dengan Timnas yang Hebat

Timnas Belgia melakukan latihan
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir
VIVAbola
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda
- Sebuah tim nasional sepakbola yang kuat tidak selalu muncul dari negara besar. Bahkan, lima negara ini tetap memiliki Timnas yang hebat meski hanya memiliki jumlah penduduk sedikit.

Jadwal 'Panas' Menanti Brasil Sepekan ke Depan

Berikut ini adalah lima negara kecil dengan timnas yang hebat seperti dikutip dari
Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2
FTB Pro :

5. Belanda (Populasi 16,7 juta penduduk)

Pemain Belanda saat melawan Portugal


Meski belum pernah memenangi Piala Dunia, Belanda memiliki salah satu timnas terbaik dalam beberapa dekade terakhir. Banyak pesepakbola dengan talenta luar biasa lahir di Belanda. Legenda-legenda seperti Johan Cruyff, Marco van Basten, Ruud Gullit, Frank Rijkaard, Dennis Bergkamp, hingga ke Edwin van der Sar pernah memperkuat De Oranje.


Saat ini timnas Belanda juga memiliki talenta-talenta tak kalah hebat, seperti Arjen Robben, Robin van Persie dan Wesley Sneijder. Belanda pernah menjadi jawara Eropa pada 1988, dan tiga kali menjadi runner-up Piala Dunia (1974, 1978 dan 2010). Belanda juga menjadi tim Eropa pertama yang memastikan langkah ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.


4. Belgia (Populasi 11 juta penduduk)


Timnas Belgia melakukan latihan


Sepakbola Belgia berada di bawah bayang-bayang Belanda dalam hampir lebih dari 2 dekade terakhir. Prestasi terbaik Belgia adalah menempati posisi 4 Piala Dunia 1984 dan runner up Piala Eropa 1980. Ketika itu, tim berjuluk Rode Duivels tersebut masih diperkuat pemain-pemain seperti Jean-Marie Pfaff, Michel Preud’homme dan Jan Ceulemans.


Kini, Belgia kembali memiliki generasi emas yang bisa mengejutkan sepakbola Eropa dan dunia di masa depan. Pemain-pemain seperti Eden Hazard, Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku, Christian Benteke, Marouane Fellaini, Kevin Mirallas dan Simon Mignolet, diprediksi akan membawa timnas Belgia berjaya.


Belgia selangkah lagi lolos ke putaran final Piala Dunia 2014. Tim besutan Marc Wilmots itu tinggal membutuhkan hasil imbang melawan Kroasia, Jumat 11 Oktober 2013 waktu setempat, untuk menjadi juara Grup A Pra Piala Dunia 2014 zona Eropa.


3. Portugal (Populasi 10 juta penduduk)


Timnas Portugal di Piala Eropa 2012


Siapa tidak kenal Eusebio, Luis Figo, Manuel Rui Costa, dan kini Cristiano Ronaldo. Mereka adalah deretan bintang timnas Portugal. Meski belum pernah menjadi juara di turnamen besar, Portugal selalu menjadi ancaman besar.


Dengan pemain-pemain seperti Ronaldo, Luis Nani, Raul Meireles, Joao Moutinho, Pepe, Fabio Coentrao dan Bruno Alves, Portugal punya kemampuan untuk mengalahkan tim-tim besar dunia. Prestasi terbaik Selecao das Quinas di Piala Dunia adalah posisi 3 pada 1966. Sedangkan di Piala Eropa, Portugal menjadi runner up pada 2004.


2. Kroasia (Populasi 4,2 juta penduduk)


Mario Mandzukic (angkat tangan) disambut tim Kroasia setelah cetak gol kedua


Banyak pemain hebat Yugoslavia yang berasal dari Kroasia hingga akhirnya negara tersebut merdeka pada 1991. Meski hanya memiliki jumlah penduduk sedikit, negara Balkan itu secara konsisten memproduksi pemain-pemain hebat. Davor Suker, Zvonimir Boban, Alen Boksic, Robert Jarni, serta kakak beradik Robert dan Niko Kovac, adalah sejumlah pemain hebat yang pernah memperkuat timnas Kroasia.


Kroasia pernah mengejutkan dunia di Piala Dunia 1998 ketika meraih peringkat 3, dengan Suker menjadi top scorer. Saat ini, Kroasia sedang diperkuat pemain-pemain seperti Luka Modric, Mario Mandzukic, Mateo Kovacic, Ivan Rakitic dan Darijo Srna.


1. Uruguay (Populasi 3,3 juta penduduk)


Luis Suarez


Menjadi juara Piala Dunia dua kali (1930, 1950), dan 15 kali jawara Copa America. Itulah prestasi timnas Uruguay. Siapa sangka sebuah timnas yang hebat bisa muncul dari negara yang hanya memiliki populasi 3,3 juta penduduk.


Saat ini, timnas Uruguay juga sedang memiliki generasi emas, dengan diperkuat Luis Suarez, Edinson Cavani, Diego Forlan, Walter Gargano, Alvaro Pereira, Diego Lugano dan Fernando Muslera. Generasi itu telah membawa Uruguay menduduki peringkat 4 Piala Dunia 2010 dan menjuarai Copa America 2011.


Legenda-legenda Uruguay juga tidak kalah hebatnya. Ladislao Mazurkiewicz, Enzo Francescoli, dan Alvaro Recoba, adalah pemain-pemain yang pernah menorehkan prestasi impresif di sepakbola dunia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya