Statistik Laga Indonesia Vs Filipina Benar-Benar Jomplang

Timnas Indonesia Vs Filipina di AFC Cup U-19
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Tim nasional Indonesia U-19 akhirnya meraih kemenangan kedua dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-19 2014. Sempat dijagokan akan mencetak banyak gol, Indonesia hanya menang 2-0 dari Filipina.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Dari sisi permainan, Indonesia benar-benar jauh mendominasi dibandingkan sang lawan. Sebanyak 68 persen penguasaan bola dikuasai oleh anak-anak tuan rumah, sedangkan Filipina hanya 32 persen saja.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Tim asuhan Indra Sjafri itu memang mengurung pertahanan The Azkals sepanjang 90 menit. Usaha serangan balik yang diterapkan lawan sangat jarang menyulitkan kiper Ravi Murdianto. Tercatat hanya satu tendangan ke gawang yang dibuat Filipina.


Angka tersebut sangat berbanding terbalik dengan Indonesia. Mengandalkan tendangan jarak jauh untuk membongkar pertahanan lawan, timnas mencatatkan setidaknya 14 kali tendangan ke gawang, sedangkan sembilan lainnya melenceng.


Upaya Dinan Javier, Evan Dimas Darmono sampai Zulfiandi sempat beberapa kali mengancam gawang Filipina. Namun, semua gagal menciptakan gol. Indonesia sendiri akhirnya menang lewat tendangan bebas M. Hargianto dan tendangan Yabes Roni.


Untuk Yabes Roni, ini adalah kali pertama ia tampil menggunakan kostum timnas. Pemain kelahiran Alor ini satu dari empat pemain anyar yang dimasukan Indra Sjafri jelang kualifikasi ini.


Kalau melihat skema permainan yang dikembangkan, sebenarnya penampilan timnas tidak mengecewakan. Para pemain mampu menerapkan permainan pendek yang dikomandoi sang pelatih.


Namun, upaya mencetak gol selalu sulit menemukan sasaran karena menumpuknya pemain Filipina di area kotak penalti. Tuan rumah pun harus puas menang dengan skor 2-0.


Hasil ini membuat Indonesia harus merebut kemenangan saat melawan Korea Selatan hari Sabtu, 12 Oktober 2013, jika ingin lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar tahun depan.


Saat ini, timnas berada di peringkat dua klasemen dengan enam poin dari dua laga. Kalah selisih gol dari Korsel, yang menang besar 5-1 atas Laos pada laga Kamis sore. (sj)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya