Fase Akhir Perburuan Tiket Piala Dunia, Sengit dan Panas

Marco Reus (kiri) rayakan gol dengan timnas Jerman
Sumber :
  • REUTERS/Dominic Ebenbichler

VIVAbola - Perburuan tiket Piala Dunia 2014 telah memasuki tahap akhir. Saat ini, zona Eropa dan Amerika Selatan hanya menyisakan dua laga. Persaingan sengit menuju Brasil sangat menarik. Sejauh ini, baru ada 10 dari 32 tiket yang berhasil dipastikan. Itu berarti masih ada 22 negara yang akan mencicipi turnamen tertinggi sejagat ini.

Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam

Argentina menemani tuan rumah Brasil dari zona Amerika Selatan. Zona Asia telah meloloskan 4 wakil, yakni Jepang, Iran, Australia, dan Korea Selatan. Kosta Rika dan Amerika Serikat menjadi perwakilan zona Amerika Utara dan Karibia. Eropa baru meloloskan Italia dan Belanda.

Di zona Eropa, tercatat ada 5 negara yang berpeluang lolos pada Jumat 11 Oktober 2013. Di grup A, hasil imbang sudah cukup memastikan langkah Belgia ke Brasil.

Namun, upaya Vincent Kompany dan kawan-kawan dipastikan tak akan mudah. Pasalnya, mereka harus menghadapi tuan rumah Kroasia di Stadion Maksimir. Duel melawan Kroasia dipastikan akan berjalan sengit. Saat ini, Belgia ada di puncak klasemen dengan 22 poin dari 8 pertandingan, disusul Kroasia di posisi kedua dengan 17 angka.

Beralih ke grup C. Ada tim tangguh Jerman yang siap memastikan tiket. Kemenangan atas Republik Irlandia di Rhein Energie Stadion sudah cukup bagi armada Joachim Loew untuk memastikan tiket Piala Dunia. Hasil imbang juga sudah cukup bagi Der Panzer jika Swedia gagal menaklukkan Austria.

Usaha Jerman untuk menundukkan Irlandia tak akan mudah. Dua striker langganan Die Nationalmanschaft, Miroslav Klose dan Mario Gomez, harus absen karena cedera. Pelatih Jerman, Joachim Loew, hanya memanggil satu striker, Max Kruse. Sementara itu, Bastian Schweisteiger dan Mario Goetze yang sempat absen karena cedera kembali dipanggil oleh Loew.

Di grup E, Swiss berpeluang memastikan tiket ke Brasil. Syaratnya, mereka wajib menaklukkan tuan rumah Albania di Stadiumi Qemal Stafa, Tirana. Hasil imbang juga bisa meloloskan Swiss jika Islandia gagal menaklukkan Siprus.

Persaingan sengit terjadi di grup G. Bosnia-Herzegovina dan Yunani yang sama-sama mengoleksi 19 poin berpeluang untuk lolos. Jika Bosnia menang atas Liechtenstein sedangkan Yunani gagal menekuk Slowakia, maka tiket menjadi milik Bosnia.

2 Gol Carlos Bacca Akhiri Rekor Tak Terkalahkan Ekuador

Jika yang terjadi sebaliknya, maka Yunani yang berhak lolos. Jika kedua tim sama-sama meraih kemenangan, maka selisih gol yang akan menentukan. Bosnia memiliki selisih gol yang lebih baik.

Sementara itu, Spanyol belum bisa memastikan diri lolos meskipun berhasil menekuk Belarusia. Mereka perlu menunggu hingga laga terakhir melawan Georgia untuk menentukan nasib.

Sembilan negara juara grup A hingga I dipastikan lolos langsung ke Brasil. Jika gagal menjadi juara grup masih ada peluang lolos lewat jalur playoff. Delapan runner up terbaik akan bermain di laga playoff untuk memperebutkan 4 tiket tersisa zona Eropa.

Kolombia Siap Susul Argentina

Di zona Amerika Selatan, Kolombia berpeluang besar mengikuti jejak Argentina. Radamel Falcao dan kawan-kawan wajib merebut tiga poin saat menghadapi Chile di Estadio Metropolitano Roberto Melendez. Duel ini dipastikan akan berlangsung sengit karena Kolombia ada di posisi 2 disusul Chile di peringkat 3. Kolombia saat ini mengumpulkan 26 poin dari 14 laga disusul Chile dengan selisih 2 poin.

Duel Ekuador melawan Uruguay juga akan berlangsung menarik. Kemenangan akan membuat salah satu dari negara ini lolos langsung dan menghindari playoff antarbenua. Kedua tim menempati posisi ke-4 dan 5 serta sama-sama mengumpulkan 22 poin.

Sementara itu, Argentina yang sudah memastikan diri lolos rupanya masih berniat main serius. Mereka bertekad meraih kemenangan saat melawan Peru dan Uruguay.  Hal tersebut ditegaskan oleh winger Tim Tango, Angel Di Maria.

"Kami harus tetap serius sampai akhir. Dan kami akan melakukan hal yang sama untuk merebut 6 poin dan berada di puncak klasemen," kata Di Maria seperti dilansir Soccerway.

"Sebelum laga melawan Paraguay, kami yakin segalanya tergantung pada diri kami sendiri. Kami memiliki tanggung jawab untuk menang dan berada di Piala Dunia. Kami melakukannya dan semua merasa senang," tegas pemain Real Madrid ini.

Peringkat 1 hingga 4 zona Amerika Selatan lolos otomatis ke Piala Dunia. Sedangkan peringkat 5 akan melakoni playoff melawan wakil Asia, Yordania. (one)

Italia Jadi Korban Keganasan Jerman

Baca juga:   

Prestasi Evan Dimas Masuk Laman Facebook Barcelona

Rapor Pemain Timnas Indonesia U-19 Usai Gasak Filipina

Statistik Laga Indonesia Vs Filipina Benar-benar Jomplang

Yabes Roni, Pemuda Alor Jadi Bintang Baru Timnas U-19

Ditonton Langsung Orangtua, Pemain U-19 Cetak Gol Fantastis

Nobar Warga Sekampung Jadi Saksi Gol Yabes

VIDEO: Gol-gol Timnas U-19 ke Gawang Filipina

FOTO: Indonesia Tekuk Filipina 2-0

Pelatih Filipina Jagokan Indonesia Bisa Jungkalkan Korsel

"Timnas U-19 Sedang Naik, Korsel Justru Merosot"

Lawan Indonesia, Korsel Siapkan Strategi Berbeda

Pelatih Timnas U-19: Kami Akan Kalahkan Korsel

Indonesia Vs Korsel, Jakmania Janji Kerahkan Anggotanya

Inilah 10 Pesepakbola dengan Lari Tercepat Versi FIFA

Istri Peter Crouch Kena "Sanksi" Larangan Berhubungan Intim


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya