Cara Dokter Timnas U-19 Jaga Kebugaran Pemain

Pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol Ilham Udin Armain (20)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
VIVAbola -
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
Dokter Timnas Indonesia U-19, dr Alfan Nur Asyhar menyatakan punya resep khusus untuk menjaga kebugaran pemain melalui asupan gizi yang diberikan melalui makanan dan minuman.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Alfan menjelaskan, pihaknya menambahkan minuman yang mengandung elektrolit untuk mencegah dehidrasi. "Kami mencampurkan oralit ke dalam air putih yang diberikan kepada para pemain, sebelum, saat dan sesudah latihan. Ini agar pemain tidak mudah dehidrasi."
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Agar pencegahan dehidrasi berjalan optimal, tim dokter juga memberikan buah yang mengandung air seperti semangka dan melon serta pepaya untuk melancarkan buang air besar. "Agar seimbang makanan yang masuk dan keluar," kata Alfan.


Selain itu, Alfan juga menjaga pola makan pemain. Dia telah memberikan menu yang wajib dikonsumsi para pemain pemain. Selama mengikuti pemusatan latihan dan pertandingan, pemain tidak diizinkan makan di luar Hotel.


"Sayur dan jus buah itu wajib ditambah nasi dan kentang. Mengenai cita rasa, kami serahkan ke Hotel. Terpenting tidak mengurangi rasanya.


Alfan melanjutkan, makanan pedas dan asam harus dihindari pemain. Dari segi medis, dua makanan itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan.


"Jika terserang diare, jelas sangat mengkhawatirkan. Pemain jadi rentan sakit karena banyak kehilangan cairan tubuh. Ini jelas mempengaruhi performa di lapangan," jelas dokter jebolan Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.


Mengenai makanan, tim dokter telah berkoordinasi langsung dengan chef Hotel Sultan."Keluhan dari pemain awalnya ada, tapi mereka mulai terbiasa. Karena hasilnya bisa terasa dari situ (dari makanan)," beber Alfan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya