Timnas U-19 Pertahankan Formasi 4-3-3

Latihan Timnas U-19 di GBK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, tidak akan mengubah formasi timnya saat menjalani babak kualifikasi Piala Asia U-19, 2014. Berada di Grup G, Indonesia akan bertarung melawan Laos, Filipina, dan Korea Selatan sejak 8 Oktober 2013.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Menurut Indra, formasi 4-3-3 yang digunakan di Piala AFF U-19 sangat cocok dengan timnya yang memiliki banyak pemain sayap berkualitas. Ini menjadi alasan Indra mempertahankan skema itu pada penyisihan AFC Cup U-19.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Kami punya banyak pemain sayap berkualitas. Maka dari itu pola 4-3-3 akan dipertahankan. Sebenarnya, formasi tidak terlalu menjadi masalah. Situasional saja, karena saat bertahan kami mengubah formasi menjadi 4-5-1," ujar Indra usai latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 3 Oktober 2013.


Indra menekankan agar para pemainnnya bisa melakukan penguasaan bola selama mungkin. Menurut mantan pelatih PSP Padang, dengan cara itu timnya mampu menciptakan banyak peluang mencetak gol.


"Penguasaan bola juga penting. Dengan pola ini, anak-anak harus mendominasi permainan, tidak kehilangan bola dengan mudah. Dengan itu mereka akan menciptakan banyak gol," kata pelatih berusia 50 tahun tersebut.


Formasi 4-3-3 memang terbukti ampuh diterapkan di timnas U-19. Dalam ajang Piala AFF, total Indonesia telah membukukan sekitar 14 gol dan hanya kemasukan 5 gol saja. Namun, menurut Indra, pihaknya masih mencari komposisi yang tepat di lini belakang. "Kalau Hansamu Yama absen, kami harus memutar otak mencari pemain pengganti yang sepadan. Ini yang jadi PR besar." (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya