Pasca Kekalahan MU, Moyes Dituding Abaikan Saran Fergie

Pelatih MU, David Moyes, berada di depan pelatih Chelsea, Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble
VIVAbola
Moyes Tak Sabar Cicipi Sunderland Rasa Everton
- Manajer Sir Alex Ferguson sangat beperan dalam kepindahan David Moyes ke Manchester United. Pria asa Skotlandia tersebut merupakan sosok yang merekomendasikan Moyes sebagai calon penggantinya saat memutuskan pensiun akhir musim lalu.

Moyes Berharap Bisa Mengulang Cerita Indah di Premier League

Meski demikian, bukan berarti Moyes bersedia mengikuti seluruh saran Fergie. Sebaliknya, menurut mantan pelatih penjaga gawang Setan Merah, Eric Steele, Moyes justru punya pendirian sendiri, terutama saat memilih orang-orang yang akan membantu rezimnya.
Gagal di La Liga, Eks Manajer MU Ingin Tantangan Baru


Steele mengungkapkan, bahwa Fergie sebelumnya pernah meminta agar Moyes mempertahankan tim pelatih Setan Merah. Namun mantan manajer Everton tersebut justru mendepak dirinya dan asisten manajer Mike Phelan, serta pelatih tim utama, Rene Meulensteen.


Sebagai gantinya, Moyes memboyong Chris Woods, Steve Round, dan Jimmy Lumsden dari Everton. Dia juga menempatkan mantan gelandang The Toffees, Phil Neville sebagai pelatih tim utama.


"Dia (Moyes) berbicara kepada saya, Mick, dan Rene. Saya katakan kepadanya, saya berpikir kalau itu adalah keputusan yang berani," kata Steele kepada United We Stand. "Dia mendengarkan saran manajer (Ferguson), namun tidak ingin menjadi dirinya sendiri," sambung mantan pelatih kiper Manchester City itu.


Steele tiba di MU pada tahun 2008. Sebelumnya dia sempat menjadi pelatih kiper rival sekota Setan Merah, Manchester City. Pria berusia 59 tahun itu merupakan sosok yang sangat berperan membangkitkan kembali performa kiper MU saat ini, David De Gea.


Steele mengaku sangat terkejut dengan keputusan Moyes mendepak dia dan rekan-rekannya. Meski menghargai keputusan tersebut, Steele menganggap revolusi ala Moyes tidak bagus untuk MU. 


"Saya tidak ingin pergi. Untuk apa? Saya tahu, David pasti bertanya-tanya siapa yang akan diboyongnya ke ini," kata Steele.


Mantan penjaga gawang Newcastle itu juga mengungkapkan pesan Fergie kepada Moyes. Namun hal itu tidak diindahkan Moyes.


"Pertahankan apa yang kita dapat, keberlangsungan, bekerjalah dengan mereka dan mereka akan memandumu. Anda menangani mesin besar di sini. Anda telah pindah dari Marks and Spencer's to Harrods," kata Steele menirukan pesan Fergie kepada Moyes.


"Kemudian masuk sudut pandang David, yang saya mengerti. Saya tahu dia profesional. Saya tahu etos kerjanya, pendekatannya. Saya tidak menyalahkan dia atas apa yang dilakukannya. Saya sudah cukup lama bermain untuk mengetahui apa yang terjadi."


Bagi Steele, pemecatan dirinya sebenarnya cukup ironis mengingat apa yang sudah diberikannya kepada MU. "Anda baru saja menjadi bagian dari tim yang melalui musim luar biasa dan memenangkan liga. David De Gea juga tampil luar biasa. Apakah masuk akal Anda tak mampu mempertahankan pekerjaan terbaikmu? Sayangnya, itu semua di luar wewenang saya," beber Steele.


MU saat ini berada di urutan  ke-12 klasemen Premier League. Posisi Setan Merah melorot setelah dikalahkan West Bromwich Albion 1-2 pada lanjutan Premier League, Sabtu, 28 September 2013. Meski demikian, Steele masih yakin MU bisa bangkit.


"Ada banyak perubahan besar--, manajer, CEO Paul Scholes pensiun dan beberapa pelatih lainnya," kata Steele. "Namun ada banyak pemain di ruang ganti untuk memenangkan laga bila hal itu dimulai lagi. Waktu saya sudah habis. Saya bangga akan apa yang sudah saya capai dan saya paunya kenangan yang indah di MU." (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya