Striker Brasil Ganti Kewarganegaraan Demi Piala Dunia

Diego Costa
Sumber :
  • zimbio

VIVAbola - Striker Atletico Madrid asal Brasil, Diego Costa, rela mempertaruhkan segalanya demi tampil di Piala Dunia 2014. Itu termasuk menukar kewarganegaraannya dengan Spanyol.

Costa melakukan itu agar bisa tampil membela Spanyol. Menurut Lancenet, permohonan striker 24 tahun ini segera disetujui Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

"Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) juga telah merestui permintaan Costa dan akan membantunya," bunyi tulisan di Lancenet.

Costa sebenarnya telah memperkuat tim nasional Brasil sebanyak 4 kali. Ia menjadi pemain pengganti dalam laga uji coba melawan Italia, Spanyol, Rusia, dan Inggris. Menurut peraturan FIFA, seorang pemain masih bisa pindah kewarganegaraan jika hanya mewakili negara pertamanya dalam ajang yang bukan resmi.

'Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa Tidak Layak'

Menurut Lancenet, Costa juga telah memiliki paspor Spanyol. Alhasil, ia sudah memperkuat skuat La Roja dalam dua laga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa melawan Belarusia dan Georgia, bulan depan.

Costa membela Atletico Madrid sejak berusia 18 tahun pada 2007. Lalu, ia dipinjamkan ke beberapa klub lain, yakni Celta Vigo, Real Valladolid, dan Rayo Vallecano, sebelum mampu menembus tim utama asuhan Diego Simeone sejak musim lalu. Costa kini menjadi top scorer sementara La Liga bersama Lionel Messi dengan koleksi 7 gol dari 6 laga.

Keinginan Costa memperkuat Spanyol tak lain karena pelatih Vicente del Bosque belum menemukan striker utama. Del Bosque masih mencoba-coba beberapa pilihan, yakni David Villa, Fernando Torres, Alvaro Negredo, Fernando Llorente, dan Roberto Soldado.

Sedangkan di timnas Brasil, peluang Costa menembus skuat sangat kecil. Sebelum Costa, beberapa pemain Brasil juga menukar kewarganegaraan dan bersinar bersama timnas negara keduanya. Mereka yang masuk daftar itu yakni Deco (Portugal), Marcos Senna (Spanyol), dan Pepe (Portugal). (art)

Gary Cahil (kiri) dan Diego Costa (kanan)

Diego Costa Ditawarkan ke Napoli dan Inter Milan

Agennya mencari calon pembeli, setelah Atletico tolak memulangkannya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016