Kelelahan Jadi Musuh Utama Timnas U-19

Pemain Timnas Indonesia U-19 di pemusatan latihan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
VIVAbola
Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi
- Timnas Indonesia akan menjalani laga krusial di ajang Piala AFF U-19 dengan menghadapi Thailand di Gelora Delta Sidoarjo, Senin 16 September 2013 malam. Lawan Indonesia nanti malam, bukan hanya Thailand melainkan juga kondisi fisik para pemain yang mulai kelelahan.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Sejak Senin 10 September 2013, Evan Dimas dan kawan-kawan, sudah menjalani tiga laga tanpa henti. Di pertandingan-pertandingan tersebut, formasi di dalam tim inti juga jarang dirotasi oleh tim pelatih.
5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI


Pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, mengakui, saat ini kondisi para pemain memang sudah mengalami kelelahan. Maka dari itu dia akan melakukan sedikit rotasi di dalam starting eleven.


"Jadwal kami di turnamen ini sangat padat. Sekarang musuh terbesar kami adalah kelelahan para pemain. Rotasi mungkin saja dilakukan karena faktor kelelahan pemain. Lini mana saja bisa kena rotasi, tergantung situasi," kata Indra.


Pertandingan melawan Thailand akan menentukan langkah Indonesia ke fase semifinal. Jika kembali kalah, maka harapan Garuda Jaya untuk melaju akan menipis. Posisi mereka bisa dikudeta oleh Negeri Gajah Putih karena kalah dalam hal selisih gol meski jumlah poinnya akan sama.


"Semakin lama kualitas lawan meningkat. Thailand adalah tim bagus dan tangguh. Kami akan meramu pasukan sebaik mungkin demi memetik hasil memuaskan di laga nanti. Kami juga sudah mempelajari permainan mereka," beber mantan pemain PSP Padang ini.


Sementara itu, pelatih Thailand, Jeerasak Charoenchan, mengungkapkan, di laga melawan Indonesia, timnya akan bermain serius dan lebih ngotot ketimbang saat menghadapi Malaysia. Kesalahan-kesalahan ketika berhadapan dengan Harimau Muda diharapkan tidak terulang.


"Kami akan tampil dengan skuad terbaik. Kami akan menurunkan kekuatan penuh saat melawan Indonesia. Kami tetap percaya diri saat menghadapi tuan rumah," ucap Charoenchan.


“Kesalahan terjadi di lini pertahanan. Mental pemain kemudian menurun. Di laga nanti, pemain kami tidak boleh melakukan keselahan lagi," sambung dia.


Namun, Charoenchan mengaku tidak akan ambil pusing jika nantinya Thailand gagal lolos ke fase semifinal. Dikatakan olehnya, perhelatan Piala AFF ini hanya untuk pemanasan sebelum berkiprah di kualifikasi Piala Asia U-19 Oktober nanti.


"Usai turnamen ini, kami akan langsung fokus menghadapi kualifikasi Piala AFC, Oktober mendatang," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya