Ferguson Beberkan Kunci Sukses 26 Tahun di MU

Wasit foto bersama Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVAbola -
Rekor Buruk Mourinho di MU
Tak dipungkiri lagi jika sosok Sir Alex Ferguson merupakan manajer tersukses di Inggris. Selama 26 tahun kariernya bersama Manchester United, pria Skotlandi ini telah mempersembahkan puluhan trofi. Lalu apa kunci sukses Ferguson selama itu?

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Ketegasan menjadi bekal Ferguson selama menukangi MU. Pria yang telah memutuskan pensiun setelah menyabet total 38 trofi ini memegang prinsip itu sepanjang kariernya di Old Trafford. Tak heran demi menjaga wibawanya, Ferguson bahkan harus mendepak pemain hingga stafnya.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Ketegasan Ferguson itu juga dibuktikan dengan melepas beberapa pemain yang menyandang status sebagai bintang. Tengok saja nama macam Ruud van Nistelrooy, Jaap Stam, Roy Keane, David Beckham hingga Cristiano Ronaldo yang rela dikorbankan Fergie.


"Sebelum saya datang ke Manchester United, saya berkata kepada diri saya sendiri bahwa saya tidak akan membiarkan pemain lebih dominan dari saya. Anda harus lebih besar dari mereka dan itu sangat penting," kata Ferguson dilansir Soccerway.


"Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah ada pemain yang mempengaruhi ruang ganti, penampilan tim keseluruhan dan kendalai kepada pemain dan staf? Jika Ada, maka Anda harus melepasnya. Tak ada jalan lain dan tak peduli apakah orang itu pemain terbaik di dunia," lanjutnya.


Ketegasan Ferguson ini yang tampaknya belum berani dilakukan penerusnya David Moyes. Pasalnya, selama bursa transfer pemain musim panas lalu, Moyes harus dipusingkan dengan rencana Wayne Rooney hengkang dari Old Trafford. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya