Kalah Besar dari Brasil, Australia Petik Pelajaran Berharga

Striker Brasil, Neymar bobol gawang Australia
Sumber :
  • REUTERS/Paulo Whitaker

VIVAbola - Kekalahan 0-6 Australia dari Brasil di pertandingan persahabatan tidak membuat pelatih Australia, Holger Osieck kecewa. Dia justru menilai, kekalahan itu memberikan banyak pelajaran bagi tim asuhannya.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Bertanding di Estadio Nacional de Brasilia, Sabtu 7 September 2013 (Minggu dinihari WIB), The Socceroos dibuat tidak berkutik di hadapan tim asuhan Luis Felipe Scolari itu.

Gawang Australia yang dijaga kiper Chelsea, Mark Schwarzer kebobolan enam gol. Kendati kalah besar, Osieck menyatakan Brasil telah mengajarkan Australia cara memberikan tekanan kepada lawan dengan efektif.

"Kami datang ke Brasil untuk mendapatkan ide tentang sepak bola di level ini. Sekarang kami tahu bagaimana kami harus bekerja. Dari hasil analisa yang kami dapatkan, kami harus memperbaiki semua elemen dalam tim," ujar Osieck dikutip Sky Sports.

Mewahnya Tempat Liburan Artis Hollywood di Australia

Osieck menganalisa, lemahnya akurasi dan minimnya pengusaan bola bisa dimanfaatkan untuk menyerang barisan lawan dengan efektif. Menurut Osieck, dua aspek itu harus dipelajari Australia dari Brasil. "Mereka juga mengajarkan kami bermain di bawah tekanan tinggi," ucap Osieck.

Brasil, menurut Osieck, merupakan tim komplet baik secara tim dan individu. Brasil memulai pertandingan dengan tempo tinggi dan berinisiatif langsung menekan. Di mata Osieck, salah satu kelemahan Australia, terlalu mudah kehilangan bola. "Jadi, bisa saya katakan, secara individu Brasil tim fantastis."

Kemenangan 6-0 Brasil atas Australia sebelumnya pernah terjadi pada 21 Desember 1997 silam. Meski demikian, Tim Kanguru juga sempat mengalahkan Brasil dengan skor tipis 1-0 di ajang Piala Konfederasi pada 9 Juni 2001. (umi)

Tim penjinak bom Brasil meledakkan paket

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Ditemukan paket misterius di dekat garis finis.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016