10 Transfer Terbaik Musim Panas (Bagian II)

Isco
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVAbola - Bursa transfer pemain musim panas akhirnya ditutup pada 2 September 2013. Banyak klub yang melepas atau kedatangan pemain anyar. Pemain berstatus bintang pun banyak berganti kostum.

Daily Mail merangkum 10 besar transfer terbaik di musim panas. Perhitungan ini berdasarkan harga sang pemain, kemampuannya mengolah bola, dan bagaimana dampaknya ke klub barunya.

Setelah sebagian besar peringkat 10 sampai 6, kali ini akan diungkap siapa peringkat teratas pembelian terbaik di bursa transfer musim panas ini.

1. Isco (Malaga ke Real Madrid)

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

Madrid dengan berani melepas Kaka dan Mesut Oezil. Isco tampaknya sudah diberikan kepercayaan penuh menjadi gelandang serang andalan Los Blancos musim ini.

Pemain 21 tahun ini langsung mampu menjadi pemain kunci Madrid dengan mencetak tiga gol di tiga laga. Harga €30 juta yang dikeluarkan tampaknya tak berpengaruh banyak buat klub kaya Spanyol tersebut.

2. David Villa (Barcelona ke Atletico Madrid)

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman

Kedatangan Neymar di Barca membuat Villa lebih memilih untuk hengkang. Atletico jadi pilihan. Tapi, yang mengejutkan adalah harga Villa yang hanya €2,1 juta, ditambah beberapa perjanjian.

Meski mengalami cedera panjang dan terlempar ke bangku cadangan musim lalu, topskorer Timnas Spanyol ini masih sangat tajam. Jelang berusia 31 tahun, Villa masih bisa mencetak gol spektakuler ke gawang Barcelona pada leg 1 Piala Super Spanyol lalu.

3. Carlos Tevez (Manchester City - Juventus)

Bintang Arsenal Desak Wenger Fokus Cari Bek

Nama Tevez memang tampaknya sudah masuk daftar jual ManCity. Tapi, Bianconeri mampu merayu Juve untuk melepas salah satu bomber mematikan di dunia itu dengan harga hanya €10 juta.

Padahal, Januari sebelumnya, AC Milan ingin merekrutnya sampai angka €30 juta, dan itupun tidak dilepas oleh Roberto Mancini. Transfer ini pun amat menguntungkan Juve yang memang kekurangan penyerang andal. Terbukti, tiga gol dalam tiga laga kompetitif di tanah Italia dicetak Si Argentina.

4. Mario Gomez (Bayern Munich - Fiorentina)

Fiorentina melepas bintangnya yang sering cedera, Stevan Jovetic, ke Manchester City dengan banderol €25 juta dan mendatangkan salah satu penyerang mematikan Jerman, Mario Gomez, dengan harga €15,5 juta.

Rekor gol terbaik Jovetic di liga selama semusim tak lebih dari 14 gol. Bandingkan dengan Gomez yang pernah mencetak 41 gol dalam 52 laga bersama Bayern pada 2011-12. Dua gol sudah ia sumbangkan untuk I Viola.

5. Mesut Oezil (Real Madrid - Arsenal)

Kabar merapatnya gelandang kreatif Jerman ini ke Emirates Stadium langsung disambut Jack Wilshere dan Aaron Ramsey. Suntikan tenaga Oezil menjadi pelecut semangat Arsenal di ujung bursa transfer.

Setelah hanya mendapatkan pemain pinjaman dan gratisan, Arsene Wenger melakukan manuver di hari terakhir serta pemecahan rekor transfer klub London Utara tersebut. Visi dan kontrol mematikan pemain 24 tahun itu dihargai €50 juta. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya