Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-16 Panggil Pemain Baru

Timnas U-16 saat menghadapi Laos
Sumber :
  • aseanfootball.org

VIVAbola - Timnas U-16 gagal merebut gelar juara di pentas Piala AFF 2013. Di babak final, Gatot Wahyudi dan kawan-kawan menyerah lewat drama adu penalti kepada timnas U-16, Malaysia.

Pelatih Kepala Timnas U-16, Sutan Harhara, mengatakan timnya memetik pelajaran berharga dari turnamen tersebut. Meski kalah di final, Sutan menilai kekuatan pasukannya semakin meningkat.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Sutan juga sudah menyiapkan program khusus bagi Garuda Muda. Dalam waktu dekat ini, mantan pelatih timnas Indonesia itu akan menyampaikannya kepada Badan Tim Nasional (BTN) PSSI. 

"Besok saya akan bertemu dengan Badan Tim Nasional. Nanti biar mereka yang mengumumkannya," kata Sutan saat ditemui wartawan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa, 3 September 2013.

Indonesia sebenarnya tampil memukau di Piala AFF U-16. Di babak semifinal, Garuda Muda berhasil menyingkirkan Australia 7-6 lewat drama adu penalti. Sayang di babak final yang digelar di Stadion Wunna Theikdi, Myanmar, 2 September lalu, Indonesia menyerah 2-3 dalam drama adu penalti usai bermain imbang 1-1 di babak normal.

Setelah tampil di Piala AFF 2013, timnas U-16 kini menatap babak kualifikasi Piala Asia U-16 2014 yang akan digelar di Thailand. Sutan rencananya akan mempertahankan tim yang ada saat ini. Sutan akan memanggil lima sampai delapan pemain baru.

"Kami mungkin akan memanggil pemain yang tidak bermain di piala AFF U-16 untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-16. Jadi kami tidak mengurangi skuad yang ada dalam tim saat ini," katanya.

Sementara itu, aisten pelatih Mundari Karya berharap, langkah timnas U-16 ke final, bakal membangkitkan pembinaan sepakbola usia dini. "Sukses Malaysia tak lepas dari pembinaan secara sistematis dan terstruktur. Malaysia konsen pada pembinaan usia dini," kata Mundari.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016