Jadi Pemain Termahal Arsenal, Oezil Siap Berprestasi?

Gelandang Real Madrid dan Timnas Jerman, Mesut Oezil
Sumber :
  • Kickette

VIVAbola - Kejutan besar terjadi jelang penutupan bursa transfer pemain musim panas ini. Arsenal menggaet Mesut Oezil dari Real Madrid dengan nilai transfer £42,5 juta atau setara Rp757,57 miliar.

Oezil dikontrak dengan durasi 5 tahun ke depan. Gelandang internasional Jerman ini tercatat sebagai pemain termahal yang pernah dimiliki The Gunners.

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman

Sebelumnya, rekor pemain termahal Arsenal dipegang Jose Antonio Reyes pada 2004 yang bernilai £17,6 juta saat diboyong dari Sevilla. Lalu, ada Andrei Arshavin, £15 juta dan Sylvain Wiltord yang berharga £13 juta.

Tak hanya itu, Oezil kini juga tercatat sebagai pemain termahal Jerman sepanjang masa. Pemain Muslim ini mengalahkan rekor transfer Mario Goetze yang pindah dari Borussia Dortmund ke Bayern Munich. Goetze ditransfer dengan nilai £31,4 juta, awal musim panas ini.

Oezil juga mencatat rekor sebagai pemain termahal yang dijual Madrid. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Robinho yang hengkang ke Manchester City dengan nilai £32,5 juta pada 2008.

Oezil sebelumnya sempat mengutarakan keinginannya untuk bertahan bersama Real Madrid. Namun, seketika hal itu berubah ketika Arsenal datang memberikan tawaran yang cukup menjanjikan bagi pemain 24 tahun ini.

"Saya sangat tersanjung dikaitkan dengan klub sebesar Arsenal. Dan saya memang ingin bermain di Liga Inggris. Itu akan menjadi hal bagus dalam karir saya sebagai pesepakbola. Saya sangat tidak sabar bekerja bersama manajer Arsene Wenger," kata Oezil seperti dilansir situs resmi klub.

"Dari negosiasi kami, jelas bahwa klub memiliki ambisi yang besar dan saya ingin menjadi bagian itu," Oezil menambahkan.

Sebelumnya, Arsenal telah berulang kali menelan frustrasi di bursa transfer musim panas ini menyusul kegagalan merekrut sejumlah pemain bintang, seperti Luis Suarez, Gonzalo Higuain dan Jesus Navas. Pantas saja jika kehadiran Oezil disambut dengan antusias oleh manajer Arsenal, Arsene Wenger.

"Kami sangat senang bisa mendatangkan Oezil. Dia pemain hebat dengan kualitas yang telah terbukti di klub dan timnas. Kami mengagumi dia sejak lama. Karena dia memiliki semua kualitas yang saya cari dalam setiap pemain Arsenal," kata Wenger seperti dilansir Soccerway.

"Saya telah mengatakan sepanjang musim panas ini akan terus bekerja keras untuk mendatangkan pemain dengan kualitas terbaik. Oezil adalah pemain berkualitas terbaik yang akan menjadi tambahan fantastis dalam skuad kami," lanjutnya.

Oezil jadi satu-satunya pemain yang didapatkan Arsenal tidak secara gratis di bursa transfer kali ini. Sebelumnya, Yaya Sanogo dan Mathieu Flamini didapatkan dengan gratis. Sedangkan Emiliano Viviano dipinjam dari Palermo.

Oezil menerima gaji £6 juta per tahun di Emirates Stadium. Dia akan bereuni dengan mantan rekannya di Werder Bremen, Per Mertesacker dan rekannya di timnas Jerman, Lukas Podolski.

Jawaban Dahaga Gelar Arsenal?

Bintang Arsenal Desak Wenger Fokus Cari Bek

Bukan rahasia lagi jika fans Arsenal begitu rindu dengan gelar juara. Maklum, trofi terakhir yang mampir ke lemari The Gunners adalah Piala FA pada 2005.

Manajemen Arsenal juga kerap mendapat kritik karena dianggap terlalu pelit di bursa transfer. Bergabungnya Oezil dengan harga mahal setidaknya menjadi bukti bahwa The Gunners juga ingin meraih prestasi.

Yang jelas, mental juara sudah tertanam dalam diri Oezil. Beragam gelar telah diraihnya baik bersama Werder Bremen maupun Real Madrid. Gelar Piala Jerman, La Liga, Copa del Rey, hingga Piala Super Spanyol sempat direngkuh pemain kelahiran Gelsenkirchen ini.

Catatan statistik Oezil bersama Los Blancos pun tidak mengecewakan. Pemain 23 tahun ini mencetak 27 gol dari 159 penampilan selama 3 musim membela Madrid.

MU Dapatkan Fellaini, KaKa ke Milan

Bukan hanya Arsenal yang sukses menggaet pemain baru di detik-detik akhir bursa transfer. Sang rival, Manchester United juga sukses memboyong pemain buruannya. Setan Merah akhirnya sukses menggaet gelandang Everton, Marouane Fellaini, satu jam sebelum bursa transfer ditutup.

Laporan yang didapat dari Mirror, Fellaini ditransfer dari Everton dengan nilai sekitar 27 juta poundsterling. Namun, tidak jelas berapa durasi kontrak Fellaini selama berada di Old Trafford.

Sayangnya, kepindahan Fellaini tak diikuti dengan Fabio Coentrao. MU gagal mendapatkan pemain asal Portugal itu dari Real Madrid.

Sebelumnya, MU berniat untuk meminjam Coentrao selama semusim. Seperti dilansir Mirror, proses negosiasi pun dilakukan hanya 11 jam sebelum bursa transfer musim panas resmi ditutup.  Namun, MU gagal melengkapi dokumen-dokumen kepindahan yang dibutuhkan sehingga transfer ini gagal terealisasi.

Sehari sebelum bursa transfer ditutup, AC Milan sukses membawa pulang Kaka dari Real Madrid. Kaka kembali ke Milan setelah empat musim berpetualang di La Liga bersama Madrid. Kabarnya pemain 31 tahun tersebut digaet ulang dengan status bebas transfer. (one)

Ini Dia Tim Premier League yang 'Panen' Pemain Akademi

Baca juga:
10 Transfer Terbaik Musim Panas (Bagian I)

10 Transfer Terbaik Musim Panas (Bagian II)

Messi Dukung Kemenangan Madrid

Polisi Madrid: Siapa Itu Gareth Bale?

Kisah "Si Kurus" Gareth Bale di Lintasan Lari

Target Gareth Bale di Real Madrid

Walcott Ngeri Melihat Luka di Kepala Rooney

Komentar Khedira Soal Kepergian Oezil dan Tawaran MU

Oezil: Ancelotti Tidak Percaya Saya

Duel Bayern Munich Vs Chelsea Berlanjut

AC Milan Salah Tulis Daftar Pemain Liga Champions

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

Dia mengatakan Arsenal harus mencari solusi internal untuk bek tengah.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016