Banding Ditolak CAS, Fenerbahce Absen Dua Musim di Eropa

arsenal tekuk fenerbahce
Sumber :
  • REUTERS/Murad Sezer

VIVAbola - Klub asal Turki, Fenerbahce absen di kompetisi Eropa selama dua musim beruntun karena banding mereka ditolak Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Putusan tersebut dikeluarkan CAS pada Rabu 28 Agustus 2013 waktu setempat.

Konfederasi sepakbola Eropa (UEFA) menemukan dugaan skandal pengaturan skor yang melibatkan Fenerbahce dalam sejumlah pertandingan. Komiisi Disiplin UEFA mendakwa lima staf Fenerbahce karena memanipulasi hasil akhir pertandingan.

Gagal di Inggris, Falcao Mulai Tajam Lagi di AS Monaco

Ironisnya, salah satu pelaku adalah Presiden klub, Aziz Yildirim. Dia terbukti bersalah atas tindak kecurangan itu. Yildirim telah dijatuhi hukuman kurungan selama enam tahun karena skandal pengaturan skor.

Mendengar penolakan dari CAS atas banding Fenerbahce, UEFA menyambut gembira putusan tersebut. Keputusan serupa juga diterima klub dari Eropa lainnya, FC Metalist Kharkiv.

"CAS menolak banding Fenerbache dan Metalist Kharkiv masing-masing diajukan pada 15 Juli dan 14 Agustus 2013," kata UEFA dalam pernyataan resminya sebagaimana dikutip dari BBCSports.

Berangkat dari putusan ini, Fenerbahce dipastikan tidak akan ambil bagian pada Europa League. Raksasa Turki itu sejatinya bermain di kasta kedua kompetisi Benua Biru itu setelah menelan kekalahan dari Arsenal dengan agregat 5-0 di babak play off Liga Champions.

"Panel darurat UEFA akan bertemu pada Kamis sore untuk memutuskan konsekuensi pengecualian keikutsertaan Fenerbahce dari kompetisi UEFA musim 2013-14 termasuk di ajang Europa League di mana Fenerbahce mendapat jatah bermain di kompetisi tersebut," tulis

Sebelumnya, CAS menunda mengeluarkan putusan terhadap banding Fenerbahce. Situasi membuat tim berjuluk Sari Lacivertliler itu bisa bermain di play off Liga Champions. Tim asuhan Ersun Yanal itu sempat mengandaskan perlawanan Red Bull Salzburg di babak ketiga Kualifikasi Liga Champions, sebelum disingkirkan Arsenal.

Selain Fenerbahce, klub asal Turki lainnya, Besiktas masih menunggu keputusan CAS setelah mengajukan banding menyusul dugaan skandal pengaturan skor. Kemungkinan, putusan untuk Besiktas dikeluarkan pada 30 Agustus 2013

Lokomotiv Moskwa Terancam Sanksi karena Kaus Putin
Bintang MU Zlatan Ibrahimovic mencekik bek Fenerbahce Simon Kjaer

Ibrahimovic Terancam Hukuman Retrospektif

Ibrahimovic bebas dari hukuman wasit, tapi masih bisa dihukum UEFA.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016