Menanti Kepastian Masa Depan Casillas di Madrid

Kiper Real Madrid dan Timnas Spanyol, Iker Casillas
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Jasso

VIVAbola - Kegelisahan tengah dirasakan kiper senior Real Madrid, Iker Casillas. Jarang mendapat tempat di skuad utama membuat pemain veteran itu mulai gerah selalu menjadi penghias bangku cadangan.

Masalah ini mulai dirasakan Casillas sejak mengalami cedera retak ibu jari tangan kiri pada awal tahun ini. Masalah tersebut membuat Casillas harus menepi hampir 3 bulan. Selama masa pemulihan, posisi Casillas digantikan Diego Lopez.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Kiper tersebut didatangkan Madrid dari Sevilla pada bursa transfer tengah musim lalu. Kedatangan Lopez ternyata menjadi ancaman serius bagi Casillas. Setelah pulih dari cedera, pelatih Madrid saat itu Jose Mourinho tidak lantas memberikan tempat utama kepada Casillas. The Special One ternyata memilih Lopez. Keputusan Mourinho itu membuatnya mulai tidak nyaman.

Situasi tidak jauh berbeda ternyata juga dirasakan Casillas di bawah pelatih baru Madrid, Carlo Ancelotti. Entrenador asal Italia itu nampaknya belum memberikan sinyal untuk menghuni tim utama Madrid. Indikasi ini terlihat di pertandingan pertama Madrid melawan Real Betis. Ancelotti memilih Lopez dibanding Casillas.

Kendati demikian, Casillas menanggapi santai keputusan Ancelotti yang mencadangkannya saat menghadapi Betis. Menurut pelatih kiper Madrid, Juan Canales, Casillas sempat bercanda saat menanggapi keputusan Ancelotti. "Saya baik-baik saja, tidak masalah. Paling tidak saya tahu akan bermain di trofi Bernabeu."

Mantan pelatih Madrid yang kini menukangi Malaga, Bernd Schuster mengaku tidak habis pikir dengan keputusan Madrid menyingkirkan kiper 32 tahun tersebut di tim utama Madrid. Di mata pelatih asal Jerman tersebut, kiper dengan nama besar dan segudang prestasi seperti Casillas tidak pantas menghiasi bangku cadangan Madrid.

"Seorang kiper seperti Casillas tidak bisa berada dalam situasi suli seperti itu. Tapi memang, LopezĀ  menunjukkan bisa bermain bagus dan Madrid membutuhkannya," kata Schuster dikutip dari Football Espana.

Bila terus tersingkir dari tim utama Madrid, Schuster memprediksi, cepat atau lambat Casillas akan meninggalkan Madrid."Saya paham bila Casillas ingin hengkang. Tapi bagi saya--seperti Raul Gonzales--sulit melihat Casillas pergi," sambung Schuster.

"Tidak lama lagi, gelaran Piala Dunia akan berlangsung. Tidak mungkin, Casillas cadangan terus. Dia harus bermain bila tidak ingin kehilangan tempat di Timnas Spanyol," kata Schuster menambahkan.

Klub besar lihat peluang rekrut Casillas

Nasib tidak menentu yang dialami Casillas ternyata menimbulkan peluang bagi klub papan atas untuk merekrutnya. Tim asal Inggris, Arsenal diam-diam melihat kesempatan untuk mendapatkan sang pemain ke Emirates Stadium pada bursa transfer musim panas ini.

Arsenal gencar mencari pemain baru di bursa transfer musim panas ini. Namun, usaha mereka belum membuahkan hasil. Hingga kini, Arsenal baru mendapatkan satu orang pemain Yaya Sanogo dengan status bebas transfer. Daily Mail melansir berita, bidikan Arsenal kini mengarah kepada Casillas untuk memperkuat sektor pertahanan.

Jam terbang Casillas dianggap mampu mendongkrak prestasi tim. Terlebih, sampai saat ini, Arsenal baru memiliki dua kiper, Lukas Fabianski dan wojciech szczesny. Nama terakhir tampil kurang memuaskan saat Arsenal menghadapi Aston Villa di pertandingan perdana Premier League. Arsenal tumbang dengan skor 1-3.

Spekulasi yang berkembang, Arsenal siap mengucurkan dana sebesar 8 juta pound (Rp 137 miliar) untuk mendapatkan Casillas dari Real Madrid. Namun diyakini, Madrid tidak ingin melepas Casillas dengan tawaran di bawah 15 juta pound (Rp 257 miliar).

Selain Arsenal, Manchester United ternyata ikut melihat kemungkinan untuk mendatangkan kiper yang memiliki caps terbanyak di Timnas Spanyol itu. Dilansir dari Daily Star, Casillas akan menjadi alternatif bagi David Moyes bila kiper utama 'Iblis Merah', David de Gea tampil tidak konsisten.

Minat untuk mendatangkan Casillas tidak hanya datang dari dua raksasa Premier League itu. Program TV Spanyol, Punto Pelota melaporkan Barcelona mulai bergerak mendapatkan Casillas melihat situasi yang berkembang akhir-akhir ini. Tapi nampaknya, hal itu bakal sulit terwujud mengingat rivalitas kedua kubu dan kedekatan emosional yang dimiliki Casillas bersama Madrid.

Casillas sendiri membantah sejumlah spekulasi yang menyebut akan meninggalakan Madrid. Dia masih menghormati kontraknya sampai 2017. "Saya berpikir untuk menyelesaikan karier di sini. Semua orang tahu hati saya bersama Madrid. Dan saya tetap berkostum putih (jersey Madrid) sampai mati," tegas Casillas beberapa waktu lalu dikutip dari The Independent.

Sang pemain merasa, suatu hal normal bila masa depannya menjadi spekulasi. "Saya telah bergabung dengan Madrid sejak masih kecil dan Madrid rumah saya," ungkap Casillas menambahkan.

Masih jadi tumpuan Timnas Spanyol


Meski tengah cemas, Casillas boleh bernapas lega. Pasalnya, pelatih Timnas Spanyol, Vincente Del Bosque masih mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Casillas. Pelatih kawakan itu belum berpikir, mencari pengganti sosok kiper veteran tersebut.

Di mata mantan pelatih Real Madrid itu, Casillas sosok istimewa dan memberikan pengaruh kepada tim. Pengalaman dan prestasi Casillas di kancah internasional nampaknya masih menjadi pertimbangan utama Del Bosque tetap mempertahankan kiper jebolan Akademi Real Madrid itu.

Terlebih, sampai saat ini Casillas masih memegang caps terbanyak Timnas. Dia telah bermain di 149 laga sejak tahun 2000. Karena itu, sulit bagi Del Bosque mencari kiper yang sepadan dengan Casillas untuk bertanding di level internasional.

Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia

"Casillas pribadi unik dan seseorang yang spesial dalam pertandingan Timnas Spanyol," kata Del Bosque dikutip dari Football Espana.

Kendati demikian, pelatih yang mengantarkan Spanyol meraih Piala Dunia 2010 dan Eropa 2012 itu akan tetap memantau kondisi Casillas. "Tentu saja, kami tetap memonitor kondisi dia sepanjang waktu. Tetapi, saya pikir ada perubahan besar untuk posisi penjaga gawang," ujar mantan pelatih Real Madrid itu.

Lebih jauh, Del Bosque menyatakan puas dengan performa yang ditunjukkan kiper Tim Matador. "Kami puas dengan kinerja kiper (di dalam Timnas) yang ada saat ini, sekalipun salah satu di antara mereka tidak bermain dalam 10 pertandingan atau lebih," sambung pelatih 62 tahun itu.

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Ronaldo sudah kembali berlatih bersama Madrid.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016