5 Pemain Filipina yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Pemain Filipina saat tes lapangan Stadion Manahan, Solo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVAbola - Indonesia akan menghadapi tim nasional Filipina dalam laga persahabatan Rabu malam ini, 14 Agustus 2013. Beberapa pemain lawan patut menjadi perhatian khusus.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Jika melihat dari sisi head-to-head, memang Indonesia masih jauh unggul. Tapi, pada beberapa tahun terakhir, performa Filipina amat meningkat dan menjadi salah satu kekuatan di Asia Tenggara.

Bahkan, pada laga terakhir, skuad Garuda tertahan 2-2 di kandang Filipina. Jadi laga di Stadion Manahan nanti tidak memberikan tekanan kepada tim tamu.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Tercatat ada beberapa nama pemain senior yang patut menjadi perhatian. Begitu juga pemain muda macam Joshua Beloya, OJ Porteria dan Paolo Bugas. Tapi, nama-nama ini patut jadi perhatian tim asuhan Jacksen F Tiago:

1. Rob Gier - Belakang
Pemain naturalisasi berdarah Inggris ini adalah pemain senior kubu Filipina dengan 45 caps. Pria berusia 33 tahun ini biasa mengisi posisi bek tengah, dan juga mampu jadi bek kanan.

Gier sepertinya sudah cukup mengenal gaya permainan Indonesia. Pemain yang saat ini menjabat sebagai kapten The Azkals itu sudah pernah bertemu Indonesia di semifinal Piala AFF 2010. Kala itu, Indonesia cukup kesulitan menembus pertahanan lawan.

2. Chris Greatwich - Tengah
Pemain 29 tahun ini selalu menjadi salah satu andalan Filipina di lini tengah. Kuat dalam penguasaan bola dan mahir dalam urusan mencetak gol.

Namanya mencuat pada Piala AFF 2010 saat gol penyeimbangnya ke gawang Singapura di menit-menit akhir laga menciptakan kejutan terbesar di sepakbola Filipina. Ia kembali mencetak gol saat mengalahkan Vietnam pada laga kedua.

Pada semifinal melawan Indonesia, Greatwich main pada kedua leg. Sayangnya, ia mendapatkan kartu merah pada menit-menit akhir leg 2.

3. James Younghusband - Tengah
Salah satu dari Younghusband bersaudara ini termasuk motor serangan Filipina. James lebih sering mengisi posisi sayap kanan dan melakukan tusukan berbahaya.

Pemain yang memulai karirnya bersama Chelsea ini sudah pernah membobol gawang Indonesia. Saat itu, James mencetak gol saat laga persahabatan di Rizal Memorial Stadium, 5 Juni 2013, yang berkesudahan 2-2.

Terakhir, James mencetak gol saat Filipina menang 1-0 atas Hong Kong pada laga persahabatan 4 Juni 2013 lalu.

4. Phil Younghusband - Depan
Striker berbahaya yang dimiliki Filipina. Bakat Phil memang sudah sangat terlihat sejak kecil. Ia pernah menjadi topscorer bagi tim youth Chelsea di musim 2003-04.

Saat memasuki kelas senior, Phil makin menggila saat mendarat di Filipina. Mencetak 40 gol dalam 33 pertandingan dengan klubnya Loyola Meralco Sparks.

Di kancah tim nasional, pemain 26 tahun itu sudah tampil 49 kali dengan 33 gol. Kemampuan salah satu dari duo Younghusband ini patut jadi perhatian khusus.

5. Angel Guirado - Depan
Pemain kelahiran 9 Desember 1984 ini adalah bentukan akademi Malaga dan sempat malang-melintang di beberapa klub Spanyol. Ia biasa mengisi posisi penyerang atau gelandang serang.

Meski tidak terlalu tajam, Guirado memiliki kecepatan dan teknik yang bisa menyulitkan bek-bek Indonesia. Pemain yang mengoleksi 26 caps itu sedang bermain bagus dengan klub anyarnya, CD Olímpic de Xàtiva di Segunda Division B. (one)

Deretan Musisi Indonesia yang Awet Muda di Usia 40an
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016