"Jerman Jago Main Bola Karena Doyan Minum Bir"

Piala Dunia 1974 : Jerman Kalahkan Total Football Belanda
Sumber :
  • espn.com
VIVAbola
Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam
- Legenda Belanda, Johan Cruyff, terkejut dengan klaim yang menyatakan btelah tejadi penggunaan doping secara sistematis di Jerman Barat pada era 1960 sampai 70-an. Kabar tersebut dibalasnya hanya dengan lelucon.

Belanda Permalukan Inggris di Wembley

Hasil penelitian terakhir oleh Humboldt University of Berlin mengungkapkan bahwa pemerintah Jerman Barat telah mendanai ekperimen dengan anabolic steroids, testosterone, oestrogen dan EPO di berbagai cabang olahraga.
Italia Jadi Korban Keganasan Jerman


Hal ini tentu mengejutkan. Pasalnya, zat-zat itu dikenal sebagai doping pada olahraga modern saat ini. Bahkan, prestasi beberapa atlet papan atas tercoreng karena tersandung kasus serupa.


"Saya sudah mendengar cerita penggunaan doping di Jerman Barat. Orang-orang juga bertanya apakah saya melihat sesuatu di Piala Dunia 1974," tulis Cruyff dalam kolomnya di
De Telegraaf
.


"Sejujurnya, saya tidak ingat apakah sudah ada tes doping setelah pertandingan atau tidak saat itu. Saya tidak melihat sesuatu yang aneh pada laga final melawan Jerman Barat," lanjutnya.


Pada laga puncak Piala Dunia 1974 memang menjadi kejayaan Jerman Barat. Taktik
Total
Football
yang tengah dikembangkan Belanda gagal dan harus kalah 1-2 di final. Keunggulan fisik "Tim Panser" jadi kelebihan.


"Yang kami tahu bahwa pemain Jerman Barat lebih besar dan kuat dari kami. Kondisi fisik mereka berkembang lebih baik. Tapi semua orang selalu mengatakan karena mereka minum lebih banyak bir (dari negara lain)," tambah legenda Barcelona tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya