Pemain Asing LSI Dibatasi Musim Depan

VIVAnews -  Pintu bagi pemain asing asal Asia semakin terbuka lebar untuk merumput di Indonesia. Pasalnya, PSSI akan menerapkan aturan baru bagi pemain-pemain asing yang akan memperkuat klub Liga Super Indonesia (LSI), musim depan.

Menurut Direktur Bidang Kompetisi Badan Liga Indonesia (BLI), Joko Driyono, tiap klub LSI masih diperkenankan untuk merekrut lima pemain asing, musim depan. Namun bedanya, dua di antaranya harus berasal dari negara-negara yang berada di kawasan Asia.

"Ini merupakan usulan dari Raparnas PSSI, Februari 2009 lalu. Karena itu, kami tinggal menyusun manual liganya saja," kata Joko saat dihubungi VIVAnews, Senin 23 Maret 2009.

Menurut Joko, ada tiga pertimbangan soal perubahan regulasi pemain impor ini. Pertama adalah masalah bisnis.

"Hadirnya pemain asing membuka peluang bagi LSI untuk ditayangkan di negera-negara lain di kawasan Asia," kata Joko.

Sedangkan pertimbangan kedua adalah terkait dengan nilai kontrak. Meski tidak mutlak, Joko menilai harga pemain-pemain Asia bakal lebih terjangkau. Dengan demikian, anggaran bagi pengeluaran tim akan lebih ringan.

Sementara itu, pertimbangan terakhir berkaitan dengan regulasi di event-event yang digelar oleh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) seperti AFC Cup dan Liga Champions Asia (LCA). Saat ini AFC menerapkan regulasi tiga plus satu untuk pemain asing.

Artinya dalam setiap event, klub bisa menurunkan empat pemain asing bila satu di antaranya berasal dari Asia. "Ini sudah menjadi tren di beberapa negara Asia. Salah satunya di Jepang. Selain berorientasi pada regulasi AFC ini, kita juga ingin membuka jaringan dengan negara-negara Asia," tandas Joko.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi
Atalanta vs Liverpool

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Liverpool meraih kemenangan atas Atalanta dengan skor 1-0 dalam babak Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024