Persiapan Lawan Filipina, Timnas TC 10 Agustus

Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola -
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
Timnas senior Indonesia dijadwalkan akan menjalani laga uji coba melawan Filipina pada 14 Agustus 2013 mendatang. Pelatih timnas senior, Jacksen F Tiago berencana akan memulai pemusatan latihan (TC) pada 10 Agustus 2013.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Ini berarti Jacksen akan menggunakan waktu selama tiga hari efektif dalam mempersiapkan tim. Dari tiga laga uji coba yang sudah dijalani, pelatih asal Brasil ini mengaku sudah menemukan formula yang pas untuk Tim Garuda jelang laga melawan Cina di partai Pra Piala Asia 2015, 15 Oktober 2013 mendatang. Namun, dia masih butuh waktu untuk semakin menyempurnakan racikannya.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Dijadwalkan lawan Filipina pada 14 Agustus 2013. Rencananya kita akan jadi tuan rumah. Pemain akan mulai berkumpul pada 10 Agustus 2013. Ada waktu tiga hari efektif untuk berlatih," kata Jacksen.


"Dari tiga laga uji coba, kiranya ada pengalaman berbeda yang kita ambil. Kualitas ketiga tim jauh di atas kita. Sekarang uji coba dengan tim-tim selevel untuk mematangkan mental pemain jelang laga melawan Cina di Pra Piala Asia. Untuk tim, saya katakan sudah 80 persen gambarannya sudah ada," sambung dia.


Uji coba melawan Filipina sebenarnya berdekatan dengan hari besar keagamaan umat Islam yaitu Idul Fitri. Menurut Jacksen, hal tersebut sudah didiskusikannya dengan Badan Tim Nasional. Dan jika mengacu pada kalender FIFA, hari itu memang jadwal dari kalender resmi pertandingan uji coba internasional.


"Sudah didiskusikan, jadi tidak perlu khawatir," ujar Jacksen.


Selain melawan Filipina, timnas dijadwalkan akan melakoni partai uji coba dengan tiga negara lainnya. Mereka adalah Timor Leste, Vietnam, dan Hong Kong. Hingga saat ini, PSSI sedang membangun komunikasi untuk merealisasikan partai uji coba tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya