Rekam Jejak Kedatangan Tim Inggris ke Indonesia

Manchester United Pastikan Gelar Juara Liga Inggris 2013
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola - Fans sepakbola di Indonesia begitu beruntung bulan Juli ini. Betapa tidak, tiga klub Premier League mendatangi Tanah Air dalam waktu yang nyaris bersamaan.

Dimulai dengan Arsenal yang mengunjungi Indonesia beberapa saat lalu. The Gunners sukses meraih kemenangan 7-0 melawan tim Indonesia Dream Team, Minggu 14 Juli 2013.

Beberapa hari setelah kedatangan Arsenal, fans langsung dimanjakan oleh kehadiran Liverpool. Armada Brendan Rodgers sudah menginjakkan kakinya di Tanah Air, Rabu 17 Juli 2013. Mereka akan menghadapi tim Indonesia XI, Sabtu 20 Juli 2013.

Tim Premier League terakhir yang mengunjungi Indonesia bulan ini adalah Chelsea. The Blues yang kembali ditukangi Jose Mourinho akan menjajal kekuatan tim BNI Indonesia All Star, 25 Juli 2013. Laga ini akan berlangsung Kamis, 17 Juli 2013.

Ternyata, bukan tiga tim itu saja tim Inggris yang pernah mengunjungi
Indonesia. Sejarah kunjungan tim Negeri Ratu Elizabeth ke Tanah Air dimulai dengan Manchester United pada 1975. MU sempat nyaris kembali ke Indonesia, namun batal. Demikian halnya dengan Everton.

Berikut adalah tim Inggris yang sempat/nyaris datang ke Indonesia:

1. Manchester United
Manchester United pernah tampil di Jakarta pada 1975. Saat itu Red Devils mengikuti turnamen segitiga yang juga diikuti timnas Indonesia Tamtama dan Ajax Amsterdam.

Pertandingan antara Indonesia melawan MU berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 1 Juli 1975. Hasilnya, Timnas yang ditukangi Wiel Coerver berhasil menahan imbang MU 0-0. Tim Merah Putih diperkuat pemain-pemain seperti Ronny Paslah, Sutan Harhara, dan Oyong Liza.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Setan Merah menurunkan Alex Forstyth, Arthur Albiston, dan Gerry Daly. Ajax Amsterdam akhirnya menjuarai turnamen segitiga ini setelah menaklukkan MU 3-2 dan Indonesia 4-1.

MU sebenarnya nyaris kembali ke Indonesia pada 2009. Sayangnya, adanya teror bom yang menimpa hotel JW Marriot dan Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta pada Juli 2009, membuat kunjungan kedua ini dibatalkan.

2. Arsenal
Arsenal sempat mengunjungi Indonesia pada Juni 1983. Kala itu, The Gunners menjalani tiga pertandingan, melawan PSMS Medan, Indonesia Selection, dan Niac Mitra.

Arsenal sanggup mengalahkan PSMS 3-0 di Medan, dan melumat Indonesia Selection 5-0 di Gelora Bung Karno. Namun, saat melawan Niac Mitra Surabaya di Stadion 10 November, 16 Juni 1983, Arsenal harus menelan kekalahan. Bermain pada pukul 14.00 WIB, Arsenal yang masih diperkuat pemain seperti Pat Jennings, Graham Rix dan David O’Leary, tumbang 0-2.

The Gunners akhirnya sanggup membalaskan dendam 30 tahun silam di Stadion Utama elora Bung Karno, Minggu 14 Juli 2013. Skuad Arsene Wenger menaklukkan Indonesia Dream Team dengan skor telak 7-0.

3. Queens Park Rangers
Queens Park Rangers mengunjungi Indonesia pada 23 Juli 2012. Saat itu, QPR menghadapi Persebaya 1927 di Stadion Gelora Bung Tomo. Hasilnya, QPR menang 2-1.

QPR tidak menang dengan mudah. Tim asal London Barat ini sempat dikejutkan oleh gol Fernando Soler menit 17, sebelum membalikkan kedudukan lewat gol penalti Adel Taarabt menit 26 dan Bobby Zamora menit 27.

Saat berkunjung ke Indonesia, QPR masih berlaga di kancah Premier League. Namun di akhir musim 2012-13 mereka harus terdegradasi ke Divisi Championship karena menempati posisi juru kunci.

4. Everton
Everton sedianya dijadwalkan mengikuti turnamen Java Cup 2012 pada 26-29 Juli 2012. Turnamen ini awalnya akan diikuti oleh empat tim, yakni Galatasaray, Everton, Malaysia XI, dan timnas U-23. Namun, Galatasaray memutuskan mengundurkan diri. PSSI kemudian menggantinya dengan timnas senior di bawah asuhan Nil Maizar.

Everton juga akhirnya memutuskan mundur. Lewat situs resminya, tim berjuluk The Toffees itu menyampaikan keputusannya untuk tidak ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Dengan demikian, Java Cup 2012 hanya menyisakan tiga tim saja, dan batal digelar. (eh)

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016