Lini Depan Timnas U-23 Jadi Sorotan RD

Rahmad Darmawan saat menukangi timnas Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, menilai koordinasi barisan penyerang timnya masih perlu dibenahi. Buruknya komunikasi antarpemain menjadi salah satu penyebab sulitnya Indonesia mencetak gol saat bertemu Singapura pada akhir pekan lalu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Dalam laga ini, Indonesia menyerah 0-1. Satu-satunya gol tuan rumah dicetak lewat titik putih penalti pada menit ke-10.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


"Saya melihat justru masih kurang ada pengertian. Masing-masing belum paham satu sama lain karena dipertemukan dalam waktu singkat. Saya belum lihat kemampuan Sunarto dan Feri (Ferinando Pahabol) saat main di klub," kata Rahmad kepada
VIVAbola.

Bertanding di Singapura, Indonesia tampil dengan formasi 3-5-2. RD menempatkan dua pemain lincah, Andik Vermansyah dan Bayu Gatra, di sisi sayap dan duet Pahabol-Sunarto di lini depan.


Dengan formasi seperti ini, Indonesia sebenarnya mampu menciptakan banyak peluang. Salah satunya lewat tendangan bebas Pahabol. Sayangnya, bola masih membentur mistar gawang tuan rumah.


"Pengalaman dari laga-laga uji coba akan digunakan untuk semakin mengompakkan para pemain di lini depan. Itu solusi untuk hal seperti ini," tambah pelatih Arema Indonesia tersebut.


Selain kekompakan tim, RD juga belum punya banyak pilihan di lini depan. Karena itu, dia berniat untuk memanggil nama baru. Salah satunya adalah Syamsir Alam. Jebolan program SAD Uruguay itu sempat "ngambek" gara-gara tak kunjung dipanggil ke Timnas. 


"Masih ada beberapa nama yang akan masuk ke dalam tahap seleksi. Beberapa di antaranya ada Anis Nabar, Syamsir Alam, Fandi Eko Utomo, dan lainnya," jelas mantan pelatih Persija Jakarta itu.


Timnas U-23 merupakan tim yang akan mewakili Indonesia di ajang SEA Games Myanmar 2013. Sebelumnya, RD menjadwalkan tiga seleksi sebelum menentukan tim inti yang akan dikirim nanti. Seleksi terakhir rencananya akan digelar pada Agustus mendatang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya