FIFA Pantau Perkembangan Sepakbola Nigeria

Ilustrasi gol
Sumber :
  • REUTERS/Ivan Alvarado
VIVAbola
Pengorbanan 'Zidane Nigeria' demi Tampil di Olimpiade
- Federasi sepakbola dunia, FIFA, kini sedang memantau isu skandal pengaturan skor yang melanda pertandingan di Liga Amatir Nigeria pekan lalu. Isu tersebut merebak setelah ada dua pertandingan yang berakhir dengan skor besar.

Alasan Bintang Muda Arsenal Pilih Nigeria Ketimbang Inggris

Pada pekan lalu, Plateau United Feeders mampu menang dengan skor 79-0 atas Akurba FC. Lalu Police Machine juga menang atas Bubayaro FC dengan hasil akhir 67-0.
Bela Timnas, Bintang Arsenal Keracunan Makanan


Indikasi pengaturan skor menyeruak karena ternyata pertandingan tersebut akan menentukan langkah Plateau dan Machine untuk berlaga di Divisi 3 Nationwide League, liga terendah di sepakbola Nigeria. Kedua klub tersebut memiliki poin sama, dan hanya perbedaan selisih gol yang bisa menentukan pemenang promosi.


Dengan kondisi ini, Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) akhirnya melakukan penyelidikan. Plateau yang menang dengan skor lebih besar dan seharusnya lolos otomatis, akhirnya terancam tidak bisa berlaga di Divisi 3 Nationwide League. Status tim-tim itu saat ini tengah diskors oleh NFF.


"Hasil ini tidak bisa diterima. Ini skandal besar. Keempat tim itu sudah diskors hingga waktu yang tak ditentukan. Kami akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh," kata Wakil NFF, Muke Umeh.


Tidak hanya NFF, FIFA kini sudah turun tangan menyelesaikan kasus ini. FIFA yang sedang fokus memberantas kasus pengaturan skor, kini akan memantau perkembangan penyelidikan yang sedang dilakukan oleh NFF.


"Yang terpenting adalah bagaimana reaksi dari NFF terhadap kasus tersebut. Saat ini tugas FIFA hanya sebagai pengawas dari langkah yang ditempuh NFF," ucap FIFA kepada CNN. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya