Menanti Duet Maut Bayu Gatra-Andik di Timnas U-23

Bayu Gatra
Sumber :
  • Ikram/VIVAbola

VIVAbola - Nama Bayu Gatra musim ini cukup bersinar di kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). Permainannya yang cemerlang membuat dia dipanggil oleh pelatih timnas SEA Games, Rahmad Darmawan.

Bayu merupakan pemain jebolan Persisam U-21. Meski kelahiran Jember, Jatim, Bayu juga sempat memperkuat Kaltim pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, Riau. Prestasi Bayu yang mengilap lalu membuatnya masuk dalam tim senior Persisam. Bahkan akhir-akhir ini, Bayu sudah kerap dipercaya tampil sebagai starter tim berjuluk Elang Borneo.

Bersama Persisam, karier Bayu makin terangkat. Gol-gol dan assist-nya turut membantu Persisam bersaing di kompetisi level tertinggi itu.

Sadar akan potensi Bayu, RD memanggilnya ke seleksi gelombang dua Timnas SEA Games bersama 17 pemain lain. "Semua orang menilai Bayu salah satu pemain muda potensial yang bersinar tahun ini bersama Persisam," kata RD saat ditemui VIVAbola, Kamis, 11 Juli 2013.

"Namun tentu, saya sebagai pelatih juga akan melihat apakah kesiapan teknik bersama klub, juga diimbangi kesiapan mental ketika berada di timnas. Saya tentu berharap bahwa hal itu tidak berbeda," bebernya.

RD mengaku punya harapan yang besar pada Bayu untuk bisa mengisi salah skuad di Timnas SEA Games. Tapi, kata RD, dengan catatan bahwa mental bertanding Bayu di klub harus sama dengan timnas, bahkan mungkin lebih.

Mengenai posisi, RD juga memuji fleksibilitas Bayu Gatra. "Intinya, dia multi posisi. Dia bisa main sebagai gelandang kanan, kiri dan tengah," kata RD.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Indonesia Vs Singapura
Menurut RD, permainan Bayu mirip penyerang lincah, Andik Vermansyah. Keduanya juga memiliki tipe permainan yang nyaris sama. Mereka lincah, memiliki dribel maut dan kuat dalam melakukan penetrasi. "Andik bisa di kiri dan kanan. Jika dua-duanya dimainkan, saya pikir tak ada masalah."

Dalam waktu dekat ini, timnas U-23 akan berhadapan dengan Singapura dalam sebuah uji coba yang digelar, Sabtu, 13 Juli 2013. Menarik untuk menyaksikan apakah duet Bayu-Andik mampu menjadi andalan lini depan Garuda Muda.

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016