Menang 79-0, Klub Ini Terancam Sanksi

Pertandingan sepakbola amatir Nigeria
Sumber :
  • 360nobs.com

VIVAbola - Sepakbola Nigeria dilanda skandal. Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) sedang menyelidiki dua kemenangan spektakuler yang diraih Plateau United Feeders dan Police Machine FC di playoff Liga Amatir Nigeria. Total ada 146 gol tercipta di dua pertandingan.

Plateau dan Machine sedang bersaing promosi ke Divisi 3 Nationwide League, liga profesional terendah di sepakbola Nigeria. Kedua klub tersebut memiliki poin sama, dan hanya perbedaan selisih gol yang bisa menentukan pemenang promosi.

Plateau sukses mengalahkan Akurba FC 79-0 pada pertandingan yang berlangsung Senin, 8 Juli 2013. Seperti dilansir Herald Sun, Plateau mencetak 72 gol di babak kedua. Dengan demikian, Plateau mencetak lebih dari satu gol dalam satu menit, atau satu gol setiap 40 detik di babak kedua.

Pada pertandingan lainnya, Machine hanya mampu meraih kemenangan 67-0 atas Babayaro FC. Machine mencetak 61 gol di babak kedua. Plateau akhirnya meraih promosi setelah menorehkan 81 gol dari tiga pertandingan, sedangkan Machine hanya mampu mencetak 69 gol.

Namun, Plateau terancam tidak bisa promosi. Sebab, NFF mencium adanya skandal pengaturan skor di dua kemenangan besar tersebut.

Pengorbanan 'Zidane Nigeria' demi Tampil di Olimpiade

Wakil Presiden NFF, Muke Umeh, mengatakan pihaknya sedang melakukan investigasi terhadap keempat klub yang terlibat.

"Hasil ini tidak bisa diterima. Ini skandal besar. Keempat tim itu sudah diskorsing hingga waktu yang ditentukan. Kami akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh," ujar Umeh.

Direktur Kompetisi NFF, Mohammed Sanusi, menegaskan, siapa pun yang terlibat di skandal tersebut akan dihukum berat. "Tim yang bermain, pemain dan ofisial, perangkat pertandingan, koordinator, atau siapa pun yang memiliki peran di skandal itu, akan mendapat sanksi berat," tegas Sanusi. (art)

Baca juga:

Alasan Bintang Muda Arsenal Pilih Nigeria Ketimbang Inggris

7 Pemain Ini Tetap Berpuasa di Tengah Kerasnya Kompetisi Eropa

Mobil Mewah Berderet di Latihan Perdana Manchester United

Bela Timnas, Bintang Arsenal Keracunan Makanan

Striker-striker Korban "Kesadisan" Barcelona

Boaz Terancam Absen Saat Melawan Arsenal

Dikejar Wartawan, Presiden Barcelona Masuk Toilet Wanita

Erick Thohir Tak Buru-buru Akuisisi Inter Milan

Barcelona Tawar David Luiz Rp445 Miliar

Del Bosque Sarankan Thiago Bertahan di Barcelona

Kesan Pertama Ivanovic Dilatih Mourinho

MU Belum Menyerah Kejar Leighton Baines

10 Nominator Pemain Terbaik Eropa 2012/2013

Chelsea Datangkan Kiper 40 Tahun dari Fulham

Mau booking online hotel berbintang dan tiket pesawat dengan harga superdiskon? Klik VIVA Travel http://viva.co.id/travel

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya