Komdis Tanggapi Demonstrasi Pemain PSMS

Pemain PSMS menginap di kantor PSSI
Sumber :
  • Satria Permana/VIVAbola
VIVAbola -
Lawan PSMS Belum Jelas, Persib Liburkan Pemain
Rapat Komisi Disiplin PSSI menyangkut demonstrasi yang dilakukan sejumlah pemain PSMS Medan berakhir pada Rabu malam, 3 Juli 2013. Rapat kedua akan digelar pekan depan untuk klarifikasi dari sisi para pemain.

Para Bintang Pergi, Persib Berharap pada Pemain Ini

Pada rapat yang digelar di kantor PSSI Senayan, Ketua Komdis Hinca Panjaitan bertemu dengan Ketua Umum PSMS, Indra Sakti. Karena baru dari satu sisi, Komdis akan melakukan investigasi lebih lanjut.
Juara Piala Kemerdekaan, PSMS Terima Hadiah 2 Hari Lagi


Namun, Komdis kembali menegaskan kehadiran mereka bukan untuk menyelesaikan masalah gaji. Melainkan, mempertanyakan aksi demonstrasi yang dinilai tidak sejalan dengan sportivitas.


"Kalau soal gaji jangan tanyakan pada Komdis, tapi soal perilaku tidak sportivitas (demo) itu boleh silahkan," ujar Hinca pada wartawan usai rapat.


"Cara-cara berdemo dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak sepantasnya jelas melenceng jauh dari sportivitas. Itu tidak sesuai kategori kode etik yang dibuat FIFA," lanjutnya.


Menurut Hinca, penjelasan tersebut didapat berdasarkan laporan dari Ketum PSMS saat rapat tadi. Dalam laporan tersebut, Indra mengatakan para pemain juga berdemo di rumah pengurus PSMS dengan sikap yang tak layak dan tak lazim.


Karena itu, Komdis akan memanggil pihak pemain maupun ofisial untuk penjelasan lebih lanjut. "Kami belum membuat keputusan apa-apa. Rencananya, pemain akan kami panggil pekan depan untuk memberikan klarifikasi," lanjut Hinca.


Sedangkan menurut penjelasan Indra, pada rapat Komdis tadi ada beberapa masukan soal masalah penyelesaian tunggakan gaji 11 pemain PSMS. Ia pun rencananya akan bertemu dengan PT Liga Indonesia untuk membicarakan skema pelunasan.


"PT Liga kami harapkan bisa memediasi penyelesaian masalah ini," ujar Indra singkat, sambil berlalu keluar kantor PSSI.


Seperti yang diberitakan sebelumnya, 11 pemain PSMS menggelar demonstrasi di kantor PSSI awal Juni lalu. Mereka menuntut pelunasan gaji yang tertunggak selama 10 bulan. Demonstrasi di Senayan itu dilakukan setelah para pemain mengaku kesulitan bertemu dengan pengurus klub.


Jika terbukti melanggar kode etik Komdis, pemain-pemain PSMS ini terancam sanksi. Mulai dari peringatan ringan, denda, sampai larangan bertanding.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya