Kekuatan Karakter Kunci Sukses Italia Rebut Posisi Tiga

Menang Adu Penalti Lawan Italia, Spanyol Melaju ke Final Piala Konfederasi
Sumber :
  • REUTERS/Paulo Whitaker

VIVAbola - Kiper Timnas Italia, Gianluigi Buffon menilai kekuatan karakter menjadi kunci sukses Italia merebut juara tiga di Piala Konfederasi 2013. Aksi heroik Buffon di adu penalti membawa Italia sukses menekuk Uruguay dengan skor 7-6.

Dalam pertandingan di Itaivapa Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu 30 Juni 2013, Italia dipaksa peras keringat oleh Uruguay. Bermain imbang 2-2 di waktu normal hingga perpanjangan waktu, membuat pemenang laga ditentukan melalui skenario adu penalti.

Buffon tampil cemerlang dengan menggagalkan tendangan tiga eksekutor Uruguay: Diego Forlan, Martin Caceres, dan Walter Gargano. Meski memainkan peran sentral, Buffon menilai, sukses menumbangkan Uruguay buah dari kerja sama tim.

Jelang Pensiun, Buffon Memilih Fokus di Lapangan

“Kebanggaan besar untuk semua orang. Karena hari ini terasa sangat berat. Pertandingan bakal lebih sulit jika kami tidak memiliki karakter,” ucap Buffon sebagaimana dikutip dari Football Italia.

Italia, kata Buffon, tidak pernah berhenti berjuang. Bagi Buffon, kemenangan ini sekaligus membayar kekecewaan usai gagal melangkah ke final setelah dikalahkan Spanyol lewat adu penalti.

“Saya tidak bisa menggambarkan kegembiraan rekan satu tim, dengan performa yang saya tunjukkan dalam laga ini. Meskipun, agak terlambat,” kata kiper milik Juventus itu.

Buffon mengakui, kegagalan atas Spanyol di babak semi final masih membekas sampai saat ini. Terlebih, bermain dengan tempratur panas di Brasil.“Ini begitu  sulit. Tapi kami memiliki semangat tepat. Sekali lagi, kami telah menunjukkan telah menaruh respek besar terhadap jersey ini,” kata Buffon.

Portiere veteran itu merasa, sulit menilai kemenangan atas Uruguay sebagai sebuah kenyataan. “Kami berjalan ke lapangan lebih baik daripada merangkak merupakan sebuah keajaiban dalam kita sendiri. Mengelola untuk meraih kemenangan telah menunjukkan potensi kami sebenarnya,” Buffon menambahkan.

Juve Tekuk Milan, Allegri Puji Penampilan Sensasional Buffon
 Gonzalo Higuain

Buffon: Higuain Bakal Tunjukkan Kualitas di Juventus

Higuain baru saja bergabung dari Napoli.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016