Julio Cesar, Sosok Terlupakan di Timnas Brasil

Kiper Queens Park Rangers (QPR), Julio Cesar
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVAbola - Kiper timnas Brasil, Julio Cesar bertekad mengakhiri musim 2012/13 dengan baik dan membantu Brasil memenangi Piala Konfederasi 2013. Tim Samba akan menghadapi Spanyol di final di Stadion Maracana, Minggu, 30 Juni 2013.

Selain Neymar, Brasil juga patut berterima kasih dengan sosok Julio Cesar yang selama ini berada di bawah mistar gawang tim Samba. Hingga saat ini Brasil baru kebobolan tiga gol.

Cesar sempat dihujat karena penampilannya yang mengecewakan di Piala Dunia 2010. Namun, pekan lalu, dia menjadi pahlawan setelah menggagalkan penalti Diego Forlan di menit 14 di laga semifinal melawan Uruguay. Brasil menang 2-1 di laga tersebut lewat gol Fred dan Paulinho, sedangkan gol Uruguay dicetak Edinson Cavani.

Karier Julio Cesar di musim ini cukup mengecewakan. Baru pindah ke Queens Park Rangers di awal musim 2012/13, mantan kiper Inter Milan ini gagal mengangkat QPR untuk lolos dari zona degradasi. Tim London tersebut pun harus rela turun tahta ke Championship, meski dipenuhi pemain-pemain bintang seperti Park Ji Sung, Djibril Cisse, dan Esteban Granero.

Tak heran, jika Piala Konfederasi dijadikan ajang unjuk gigi bagi kiper berusia 33 tahun ini. Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez pun memuji penampilan Cesar yang luar biasa kala menghadapi timnya, dan mengatakan jika dia kembali menunjukkan talentanya sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

"Saya bermain bersamanya di Inter Milan dan dia melakukan tugasnya dengan sempurna," puji Forlan dilansir Supersport.

Posisi Cesar sempat tergeser ketika Mano Menezes menjadi pelatih timnas. Namun, dia kembali menjadi kiper nomor satu ketika Luiz Felipe Scolari menjadi pelatih Selecao di awal tahun ini, dan dia membuktikannya dengan menjadi salah satu pemain kunci Brasil di Piala Konfederasi 2013.

Gagal Total, Kiper Brasil Tak Mau Perkuat Timnas Lagi

Penampilannya di bawah mistar gawang menarik untuk dilihat ketika dia berhadapan dengan pemain-pemain Spanyol seperti Fernando Torres, Xavi, Andres Iniesta, dan Cesc Fabregas. (art)

Julio Cesar resmi gabung Benfica

Demi Liga Champions, Julio Cesar Gabung Benfica

QPR setuju untuk melepas kiper Brasil ini secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
20 Agustus 2014