Wasit Brasil Lawan Uruguay Pernah Dipukuli Pemain

piala konfederasi italia menang atas meksiko
Sumber :
  • REUTERS/Satiro Sodre
VIVAbola
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
- Laga panas semifinal Piala Konfederasi 2013 yang mempertemukan Brasil dengan Uruguay bakal berlangsung ketat. Semua keputusan pun bisa menjadi sangat penting. Dan ternyata yang memimpin laga sengit itu adalah wasit yang dikenal tukang obral kartu.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Sang wasit yang akan menjadi pengadil pada laga di Belo Horizonte itu adalah Enrique Osses. Berusia 39 tahun kelahiran Santiago, Chile. Sertifikat wasit FIFA pun sudah dikantungi sejak 2005.
2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot


Osses bisa dibilang cukup berpengalaman di turnamen konfederasi CONMEBOL. Copa Sudamericana, Copa Libertadores, Copa Amerika sampai kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan sudah dijalaninya.


Bahkan pada Maret 2013, FIFA mencantumkan nama Osses dalam daftar 52 kandidat wasit yang bakal memimpin di Piala Dunia 2014.


Meski sudah menjadi salah satu wasit yang berpengalaman, Osses ternyata punya rekam jejak yang cukup menarik. Pria yang memulai profesi wasit liga profesional sejak 2003 itu dikenal suka umbar kartu.


Pada 2005, tercatat 21 orang diusirnya dalam 16 laga saja di Chilean Primera Division. Salah satu keputusannya pun sempat berbuah insiden.


Di salah satu laga musim 2005 tersebut, Osses memimpin laga antara San Felipe melawan Union Espanola. Saat itu, Osses mencabut kartu kuning kedua untuk kiper Ignacio Gonzales dan mengusirnya dari lapangan.


Tidak terima, Gonzales langsung memukul Osses sehingga terkapar di lapangan. Sang kiper pun terancam sanksi larangan bermain sebanyak 50 laga. Tapi akhirnya batal karena Gonzales hengkang ke Argentina.


Dalam laga nanti, jelas setiap keputusan Osses sangat diperhatikan. Sang pengadil diharapkan bisa adil dibawah tekanan suporter tuan rumah. Hal itu pun diharapkan oleh salah satu pilar Uruguay, Diego Lugano.


"Saya hanya berharap dia tidak mengambil keputusan yang salah," ujar Lugano, seperti dilansir
Soccerway
.


Sepanjang Piala Konfederasi 2013, Osses baru memimpin satu laga di Grup A saat Italia hadapi Meksiko. Pada laga tersebut, lima kartu kuning ia keluarkan.


Laga semifinal Piala Konfederasi 2013 yang mempertemukan Brasil dan Uruguay akan digelar pada Kamis dini hari WIB nanti, 27 Juni 2013, mulai pukul 01.00. Laga tersebut akan disiarkan langsung oleh TVOne dan ANTV.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya