Pilih Tim Anda
Daftar
FOKUS

Adu Tajam Neymar Cs Vs Trio Uruguay

Trio maut Brasil akan bersua tiga bomber Uruguay.
Rabu, 26 Juni 2013, 07:31 WIB
Zaky Al-Yamani
Pemain Bintang
Neymar (REUTERS/Jorge Silva)
VIVAbola - Duel sengit akan tersaji dinihari nanti, Kamis 27 Juni 2013. Duel sarat gengsi yang mempertemukan dua musuh lama di ranah Amerika Selatan. Brasil akan menghadapi Uruguay di babak semifinal Piala Konfederasi 2013.

Duel ini pun menjadi panggung bagi aksi para bomber dari kedua kesebelasan. Brasil yang diuntungkan dengan status tuan rumah bakal mengandalkan aksi cemerlang bintang muda mereka, Neymar da Silva yang sudah mencetak tiga gol sejauh ini.

Neymar menyumbang gol saat Brasil mengalahkan Italia dengan skor 4-2. Dua gol lainnya dibukukan kala Brasil mengalahkan Jepang 3-0 dan Meksiko 2-0. Pelatih Brasil, Luis Felipe Scolari tanpa ragu menyebut Neymar sebagai pemain jenius serba bisa.

Di mata Scolari, pemain 21 tahun itu pahlawan bagi Brasil. “Juga buat semua orang yang mencintai sepak bola,” ucapnya. Selain memiliki tendangan akurat dan mematikan, pergerakan Neymar terbukti mampu memecah konsentrasi pemain belakang lawan.

“Dia melihat Buffon mengambil langkah melebar ke samping dan Neymar tahu harus mengarahkan bola ke pojok gawang. Pemain jenius mampu membuat perbedaan,” kata Scolari tak henti memuji penampilan Neymar saat menjebol gawang Italia.

Neymar sendiri sebenarnya tidak menempati posisi striker. Mengusung formasi 4-2-3-1, Neymar ditempatkan sebagai sayap kiri. Sementara posisi satu striker ditempati oleh Fred yang di ajang ini sudah membukukan dua gol. Brasil juga memiliki senjata rahasia, Jo yang sukses mencetak 2 gol meski memulai laga dari bangku cadangan.

Sementara itu, Uruguay juga tidak kalah menakutkan. La Celeste saat ini dihuni tiga bomber tajam kelas dunia. Seperti Luis Suarez, Edinson Cavani dan Diego Forlan. Satu nama lainnya yang mencuat di ajang ini adalah Abel Hernanez yang sukses menyarangkan 4 gol saat melawan Tahiti.

Tak pelak fakta ini membuat kiper Brasil, Julio Cesar waspada. "Mereka kuat dalam menyerang dan bisa menjadi penentu laga. Saya mengenal permainan mereka dan kami patut waspada. Kesalahan kecil bisa mengubah hasil akhir," katanya.

"Tidak ada yang menjadi favorit di laga nanti, apalagi mereka tentu percaya diri setelah menjuarai Copa America 2011," lanjutnya.

Derby Amerika Latin
Selain adu tajam jajaran bomber kelas dunia, duel ini juga sarat gengsi karena mempertemukan dua rival lama. Duel antara tiga raksasa Amerika Selatan, Brasil, Argentina dan Uruguay selalu berlangsung dengan tensi tinggi. Tapi banyak yang percaya duel Brasil Vs Uruguay lebih keras ketimbang melawan Argentina.

"Duel Brasil melawan Uruguay layaknya derby. Beberapa orang bahkan mengatakan duel ini lebih buruk daripada Brasil melawan Argentina. Apalagi kali ini mereka ingin meraih hasil bagus menyusul hasil mengecewakan di sejumlah pertemuan terakhir," kata Cesar.

Meski berambisi mematahkan rekor buruk, pelatih Uruguay, Oscar Tabarez mengakui pihaknya enggan jemawa. Status Brasil sebagai tuan rumah dianggap bisa menjadi mengangkat motivasi Brasil di laga nanti. "Ini akan menjadi sulit. Brasil adalah tim besar dan mereka bermain di kandang," katanya.

"Sesuatu yang menarik melawan tim berkualitas seperti mereka. Dan suatu kehormatan bisa menghadapi tim yang paling banyak memenamgkan Piala Dunia dari siapapun. kita lihat saja apa yang akan terjadi nanti," kata Tabarez.

Sepanjang sejarah, kedua tim sudah 38 kali bertemu. Brasil masih menjadi yang terbaik dengan membukukan 14 kemenangan, 12 hasil imbang dan 12 kekalahan. Dalam 38 pertemuan tersebut, Brasil mencetak 58 gol dan tercatat 53 kali kebobolan.

Dan Brasil tidak pernah dikalahkan oleh Uruguay dalam rentang 10 tahun terakhir. Dalam rentang itu, Brasil tercatat belum pernah kalah dari Uruguay di enam pertemuan terakhir mereka. Berikut ini, enam pertemuan terakhir kedua tim di berbagai ajang:

Kualifikasi Piala Dunia 2010, 6 Juni 2009
Uruguay 0-4 Brasil

Kualifikasi Piala Dunia 2010, 22 November 2007
Brasil 2-1 Uruguay

Copa Amerika 2007, 11 Juli 2007
Uruguay 2-2 Brasil (Brasil menang adu penalti 7-6)

Kualifikasi Piala Dunia 2006, 31 Maret 2005
Uruguay 1-1 Brasil

Copa Amerika 2004, 22 Juli 2004
Brasil 1-1 Uruguay (Brasil menang adu penalti 5-3)

Kualifikasi Piala Dunia 2006, 20 November 2003
Brasil 3-3 Uruguay

© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id