Mantan Kapten "Masa Emas" Korea Tukangi Timnas

Hong Myung-bo
Sumber :

VIVAbola - Hong Myung-bo secara resmi ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Korea Selatan. Pelatih 44 tahun ini merupakan pahlawan Korea Selatan saat berhasil mencapai babak semifinal di Piala Dunia 2002.

Menurut federasi sepakbola Korsel, Hong akan menukangi timnas selama dua tahun dan diberi tugas memuluskan langkah negeri gingseng itu menuju Piala Dunia 2014 di Brasil. Ia menggantikan Choi Kang-hee yang memutuskan mundur pekan lalu.

Sebagai seorang pemain, Hong memang menggambarkan 'masa emas' Korsel di kancah internasional. Ia secara beruntun telah memperkuat Korsel di empat Piala Dunia terhitung sejak Piala Dunia 1990 di Italia.

Puncaknya, ia didaulat menjadi kapten timnas dan akhirnya sukes mengantarkan Korsel ke semifinal Piala Dunia 2002 yang kebetulan saat itu digelar di Jepang dan Korsel.

Hong memulai karier kepelatihannya sejak diangkat menjadi asisten pelatih di timnas senior Korsel dari 2005 hingga 2007.

Ternyata, Angklung Populer di Korea Selatan

Prestasi terbaiknya sebagai pelatih yakni membawa Korsel merebut medali perunggu di Asian Games 2010 dan Olimpiade London tahun lalu bersama timnas U-23. (sj)

Para pemain Korea Selatan merayakan gol ke gawang Jerman.

Korsel Hampir Permalukan Jerman di Penyisihan Olimpiade

Korsel sempat unggul atas Jerman.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016