Wasit Brasil vs Italia Mengaku Salah Ambil Keputusan

Pemain Brasil, Fred (kanan) usai membobol gawang Italia
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVAbola - Ravshan Irmatov, wasit yang memimpin pertandingan Italia vs Brasil pada Piala Konfederasi, Sabtu lalu, mengaku telah melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Pengadil lapangan asal Uzbkistan tersebut keliru saat mengesahkan gol yang dicetak Giorgio Chiellini pada menit ke-71.

Meski sudah unggul atas Italia, gol tersebut memang sempat mengundang protes dari kubu Brasil. Pasalnya, sesaat sebelum bola bersarang di gawang Julio Cesar, Irmatov telah meniup pluit dan menunjuk titik putih. Aba-aba itu pun membuat para pemain Brasil sempat terhenti sejenak. Namun saat Chiellini berhasil merobek jala tuan rumah, Irmatov justru mengesahkannya.

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan

Juru bicara FIFA, Pekka Odriozola mengatakan bahwa keputusan itu memang sebuah kesalahan. Menurut Odriozola, wasit Irmatov juga sudah menyadari hal tersebut dan mengakui kesalahannya. "Itu adalah kesalahan teknis," kata Irmatov seperti dilansir Soccerway.com.

"Dia (Irmatov) juga mengungkapkan bahwa, ketika Anda meniup pluit maka seketika itu Anda harus menghentikan permainan, Anda tidak bisa mengambil keuntungan apapun dari situ," sambung Odriozola.

Menurut Odriozola, kejadian tersebut berlangsung sangat cepat. "Ketika dia meniup pluit (untuk penalti), di sisi lain, dia juga melihat gol bisa tercipta, kemudian gol terciptalah gol. Dia berpikir cepat dan tidak ingin memberikan pengecualian," bebernya. 

Meski melakukan kesalahan, FIFA tidak memulangkan Irmatov. Sebab di mata, Ketua Komite Wasit FIFA, Massimo Buscca, kesalahan itu masih manusiawi. "Wasit juga manusia dan membuat kesalahan seperti yang lainnya, seperti pemain, atau seperti striker yang gagal mencetak gol."

Brasil sendiri akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 4-2. Empat gol tim Samba dicetak oleh Dante, Neymar, dan Fred (2gol). Sedangkan dua gol Italia dicetak Emanuele Giaccherini dan Chiellini.

Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016