Spanyol Cetak Rekor Kemenangan Terbesar di Turnamen FIFA

piala konfederasi spanyol menang atas tahiti
Sumber :
  • REUTERS/Satiro Sodre
VIVAbola -
Del Bosque Belum Tentukan Kiper Utama Spanyol di Piala Eropa
Spanyol membuktikan diri sebagai kandidat kuat juara Piala Konfederasi 2013. Fernando Torres dan kawan-kawan berhasil menggulung Tahiti dengan skor telak 10-0, Kamis 20 Juni 2013 (Jumat dini hari WIB).

Del Bosque Belum Tentukan Kiper Utama Spanyol di Piala Eropa

Kemenangan peringkat 1 FIFA ini memunculkan beberapa rekor baru. Ini menjadi kemenangan terbesar sepanjang perhelatan Piala Konfederasi. Sebelumnya rekor kemenangan dipegang oleh Brasil saat mengalahkan Arab Saudi 8-2 pada 1999.
VIDEO: Spanyol Gagal Taklukkan Rumania


Tak hanya di Piala Konfederasi, hasil spektakuler itu rupanya menjadi rekor kemenangan terbesar dalam turnamen resmi senior FIFA. Sebelumnya tak ada tim yang sanggup menang dengan margin 10 gol.


Sepanjang sejarah turnamen FIFA, pernah 3 kali tercipta pertandingan dengan selisih 9 gol. Di Piala Dunia 1954, Hungaria membantai Korea Selatan 9-0. Skor serupa juga diciptakan oleh Yugoslavia yang menundukkan Zaire di Piala Dunia 1974. Terakhir pada Piala Dunia 1982, Hungaria menghancurkan El Salvador 10-1.


Namun, ternyata kemenangan 10-0 bukanlah yang terbesar sepanjang sejarah timnas Spanyol. La Furia Roja pernah menang dua kali dengan selisih di atas 10 gol.


Rekor kemenangan terbesar Spanyol adalah saat menghadapi Bulgaria di partai persahabatan, 21 Mei 1933. Laga di Santiago Bernabeu itu dimenangkan La Furia Roja 13-0.


Skor kedua terbesar yang dicetak Spanyol adalah pada 21 Desember 1983 saat melawan Malta. Spanyol menaklukkan Malta 12-1 di Kualifikasi Piala Eropa 1984. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya