VIVABOLA

6 Fakta Penting Usai Spanyol Gilas Tahiti 10-0

Ini menjadi kemenangan terbesar dalam sejarah Piala Konfederasi.
Jum'at, 21 Juni 2013
Oleh : Luzman Rifqi Karami
Timnas Spanyol rayakan gol ke gawang Tahiti
VIVAbola - Spanyol berhasil mempermalukan Tahiti dengan skor telak 10-0 dalam penyisihan grup B Piala Konfederasi, Kamis 21 Juni 2013 (Jumat dini hari WIB). Empat gol La Furia Roja dicetak oleh Fernando Torres (5', 33', 57', 78'), tiga gol ditorehkan David Villa (39', 49', 64'). David Silva menyumbangkan dua gol menit 31 dan 89. Satu gol lagi diciptakan Juan Mata menit 66.

Ini merupakan kemenangan dengan margin terbesar dalam turnamen senior yang diselenggarakan FIFA. Beberapa rekor dan fakta lain juga tercipta dalam laga pembantaian di Stadion Maracana ini.

Berikut 6 fakta penting dalam laga Spanyol vs Tahiti seperti dilansir ESPN:

1. 10 gol Spanyol yang bersarang ke gawang Tahiti adalah yang terbanyak dalam sejarah Piala Konfederasi. Enam gol Spanyol yang tercipta di babak kedua juga tercatat sebagai rekor terbanyak yang tercipta dalam setengah babak di Piala Konfederasi.

2. Dengan mencetak 10 gol, ini menjadi pertandingan ketiga denga gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Spanyol. Pada 1933, La Furia Roja menggilas Bulgaria 13-0. Spanyol juga sempat menghajar Malta 12-1 pada 1983.

3. Empat gol dicetak oleh Fernando Torres, sedangkan David Villa menorehkan hattrick. Kedua pemain ini tercatat sebagai dua pemain pertama yang mencetak 4 dan 3 gol secara bersamaan dalam satu pertandingan di turnamen senior FIFA. Torres dan Villa juga tercatat sebagai pemain pertama dan kedua Spanyol dan menorehkan 3 hattrick di pertandingan internasional.

4. Sebelum Torres, pemain yang sempat mencetak 4 gol untuk Spanyol adalah Raul Gonzales, saat melawan Austria pada 1999. Torres kini telah tampil 103 kali bersama Spanyol, melewati rekor Raul di posisi 6 caps terbanyak timnas Spanyol. Sriker Chelsea ini sudah mencetak 35 gol di laga internasional di posisi ketiga di bawah Raul (44 gol), dan David villa (56 gol).

5.Torres kini menjadi satu-satunya pemain yang mencetak dua kali hattrick di Piala Konfederasi. Hattrick sebelumnya saat melawan Selandia Baru pada 2009.

6. Spanyol menyelesaikan 25 umpan ke kotak penalti melawan Tahiti, setelah hanya menyelesaikan 6 saat melawan Uruguay. Tahiti hanya kebagian jatah 2 umpan ke kotak penalti. Namun negara Kepulauan Pasifik ini menyelasaikan 243 umpan secara keseluruhan, 9 lebih banyak dibandingkan Uruguay saat menghadapi Spanyol.
TERKAIT
TERPOPULER