Pelatih Persibo Bantah Timnya Sengaja Mengalah Lawan Sun Hei

Latihan tim Persibo Bojonegoro
Sumber :
  • VIVAnews/Pambudi Eko Cahyono

VIVAbola - Pelatih Persibo Bojonegoro, Gusnul Yakin, membantah telah memerintahkan para pemainnya untuk berpura-pura cedera saat bertemu tim Hongkong, Sun Hei SV, 9 April lalu. Pria asal Malang tersebut juga akan mengajukan banding terhadap sanksi yang baru diterimanya.

"Tidak seperti itu (pemain pura-pura cedera). 12 pemain yang dibawa ke Hongkong terlalu capek karena kami berangkat pukul 09.00 WIB dan malamnya kami sudah main lagi. Jadi stamina pemain memang merosot," kata Gusnul saat dihubungi VIVAbola, Kamis, 13 Juni 2013.

Gusnul juga menambahkan bahwa kondisi timnya sudah tidak kondusif jelang keberangkatan. Pasalnya, pihak manajemen telat membayarkan gaji para pemain dan staf pelatih. Gusnul bahkan mengaku sudah tidak menerima haknya dari Persibo selama 6 bulan terakhir.

"Sampai saat ini, saya belum diberitahu Komdis PSSI. Namun, saya akan mengajukan banding lantaran hidup saya berada di bola,” ujar Gusnul.

Gusnul merupakan satu dari sederet nama yang dijatuhi hukuman oleh Komisi Disiplin (Komdis PSSI) pada Rabu, 12 Juni 2013. Gusnul dilarang beraktivitas di sepakbola Indonesia seumur hidup karena memerintahkan pemainnya berpura-pura cedera saat bertemu Sun Hei SV.

Seperti diketahui, pada pertandingan yang digelar di markas Sun Hei SV, Mong Kok Stadium, enam pemain Persibo mengalami cedera. Namun celakanya, Laskar Angling Dharma hanya membawa 12 pemain saja.

Persibo Ajukan Surat Permohonan Kembali ke PSSI

Wasit asal Thailand, Chaya Mahapab akhirnya menghentikan pertandingan. Karena sesuai regulasi, setiap tim membutuhkan tujuh pemain untuk melanjutkan laga. Persibo kalah dengan skor 0-8.

Selain Gusnul, Komdis PSSI juga menjatuhkan hukuman yang sama kepada Bambang Pranudji (Asisten Pelatih), Imam Nurcahyo (Media Officer), Nur Yahya (Manajer). Ketiganya juga dianggap ikut berperan dalam memberikan instruksi kepada para pemain untuk berpura-pura cedera. Sejauh ini, Komdis PSSI belum bersedia bicara lebih jauh tentang adanya dugaan pengaturan skor dalam pertandingan AFC Cup tersebut. (one)

Persibo saat menggelar latihan

PSSI Putuskan Keanggotaan Persibo 2 Bulan Lagi

Persibo sebelumnya dicoret dari PSSI karena pengaturan skor.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2014