Rapor Penampilan Pemain Indonesia Saat Lawan Belanda

Indonesia vs Belanda
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Laga persahabatan antara Indonesia dan Belanda sudah berakhir Jumat malam, 7 Juni 2013. Sejumlah pemain bermain gemilang dan ada beberapa yang tampak tidak bersinar.

Laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk tim tamu. Meski tampil dengan pemain utamanya, Die Oranje tampak tidak nyaman dalam membangun serangan. Bagusnya pertahanan Indonesia menjadi satu alasan.

Siapa-siapa saja pemain yang mampu tampil baik di laga Indonesia kontra Belanda? Inilah rapor penampilan kedua tim yang dihimpun oleh VIVAbola:

Indonesia
Kiper:
Kurnia Meiga: 8

Menjadi salah satu titik sukses Timnas menahan Belanda tanpa gol di babak pertama. Peluang emas yang diraih lawan pun beberapa kali sukses dipatahkan. Di babak kedua, kiper Arema Indonesia itu tetap main konsisten. Sayangnya, ia harus kebobolan tiga kali.

Belakang:
Riccardo Salampessy: 5
Ia harus mengeluarkan konsentrasi penuh dengan gerakan Robben. Setelah membuat kesalahan mendasar di awal, pemain Persipura Jayapura itu mampu tampil baik.

Belanda Permalukan Inggris di Wembley

M Roby: 5
Roby mampu menjaga jantung pertahanan Indonesia di babak pertama. Namun, penurunan stamina jelas membuatnya kewalahan. Terbukti, Roby tak mampu menahan laju Arjen Robben saat menciptakan gol pada akhir babak kedua. Selain itu, ia gagal mengantisipasi bola silang yang berbuah dua gol pertama lawan.

Victor Igbonefo: 6
Mampu menjaga Robin van Persie cukup baik, walaupun sempat kecolongan beberapa kali. Di babak kedua, Igbonefo juga tak memberikan gangguan berarti pada umpan silang yang berbuah gol.

Tony Sucipto: 4
Dua gol pertama Belanda berawal dari kegagalan Tony menghentikan pergerakan Ruben Schaken. Sektor ini pun terus jadi titik lemah. Pemain Persib Bandung itu akhirnya ditarik di babak kedua.

45 Menit, Vardy Bawa Inggris Ungguli Belanda

Tengah:
Raphael Maitimo: 7
Dipercaya sebagai gelandang bertahan, Maitimo mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Pemain naturalisasi itu paling sibuk meredam serangan lawan.

Ahmad Jufriyanto: 5
Sebagai debutan, permainan Jupe sebenarnya lumayan saat duet dengan Maitimo. Ia juga sempat mencoba spesialisasinya yakni tendangan geledek, meski tak maksimal karena masih harus lebih banyak kewalahan mematahkan serangan Belanda.

Vardy Starter, Ini Susunan Pemain Inggris Vs Belanda

Depan:
Boaz Solossa: 6
Top scorer sementara Liga Super Indonesia (ISL) ini tampak kesulitan membuat peluang. Boaz lebih banyak menjemput bola ke belakang. Meski begitu, sentuhan-sentuhannya sempat menyulitkan lawan.

Imanuel Wanggai: 5
Manu ditaruh di tengah antara Boaz dan Greg Nwokolo guna mendukung target man Sergio van Dijk. Ia mampu membantu dua gelandang bertahan mematahkan serangan Belanda. Dari sisi ofensif, Manu juga kerap membuka ruang. Tapi, ia masih harus lebih banyak mengasah diri sebagai deep lying playmaker seperti yang dikehendaki Jacksen.

Greg Nwokolo: 5
Aksi Greg sempat menciptakan beberapa peluang di babak pertama. Namun, akurasi dan kecepatannya masih kalah dibanding Belanda. Di babak kedua, pemain berdarah Nigeria itu kesulitan menembus pertahanan lawan dan digantikan oleh Andik Vermansyah.

Sergio Van Dijk: 4
Penjagaan ketat bek-bek Belanda membuat Van Dijk sulit mendapatkan ruang tembak dan nyaris tak berkutik. Namun, duel udara dan umpannya yang akurat masih tampak pada laga semalam.

Pemain pengganti:
Zulkifly Syukur: 5

Masuk gantikan Riccardo, bek asal Mitra Kukar itu tak memberikan perubahan besar. Gol terakhir Robben juga berawal setelah Zulkifly maju ke depan dan ruang pertahanannya terbuka.

Andik Vermansyah: 6
Meski bermain hanya 30 menit, pemain lincah ini berhasil menyuntik tenaga baru ke skuad "Garuda". Permainannya beberapa kali merepotkan pertahanan Belanda. Andik sempat membuat peluang kala tendangannya masih melambung tipis usai melewati beberapa bek Tim Oranye.

Ahmad Bustomi: 4
Bustomi tampaknya masih belum bisa kembali ke level top-form seperti di Piala AFF 2010 lalu. Ia diharapkan menghadirkan kreatifitas, tapi itu pun tak keluar. Bahkan, Bustomi sempat menggagalkan sebuah set-up penyerangan Indonesia di akhir laga.

Ian Louis Kabes: 4
Masuk menggantikan Van Dijk, Kabes juga gagal memberikan kontribusi. Lini penyerangan tampak terisolasi selama Kabes berada di lapangan.

Ruben Sanadi: 5
Ia baru masuk di 10 menit terakhir. Meski tidak lama, Ruben sempat menghentikan beberapa pergerakan dari sisi kanan yang kerap bolong.

Belanda
Kiper:
Jasper Cillessen: 6

Penampilannya sebenarnya tidak terlalu bagus. Beberapa kali Cillessen tampak ragu pada babak pertama, baik saat melepaskan umpan pendek maupun keputusan memotong bola. Namun, gawangnya memang tak banyak terancam.

Belakang:
Daryl Janmaat: 6

Penentrasinya dari sisi belakang membuat sektor kiri Belanda amat berbahaya. Tak dapat banyak tekanan, Janmaat mampu bergerak bebas dan melepaskan umpan silang.

Erik Pieters: 4
Salah satu kesalahan Pieters adalah saat tertipu oleh Greg Nwokolo. Beruntung, ia masih sanggup berjibaku untuk membuang bola dari kaki penyerang Indonesia yang sudah mendapatkan ruang tembak.

Ron Vlaar: 6
Menjadi salah satu alasan kokohnya pertahanan Belanda. Bola atas yang coba dimainkan Indonesia selalu mentah di kepala pemain Aston Villa tersebut.

Miquel Nelom: 5

Tak mendapatkan tekanan berarti dari penyerangan Indonesia. Koordinasinya dengan bek-bek lain pun cukup baik.

Tengah
Jonathan De Guzman: 5

Pemain Swansea City ini mampu menjaga tempo permainan dengan baik. Tidak terlalu buru-buru menyerang, namun tahu kapan melepaskan umpan yang berbahaya.

Jens Toornstra: 5
Bersama De Guzman, Toornstra tampil cukup baik. Kuat di bola udara dan berani memotong peluang lawan.

Jeremain Lens: 5
Sempat menebar ancaman ke gawang Kurnia Meiga. Tapi, ia harus digantikan di menit ke-14 karena cedera.

Ruben Schaken: 7
Kecepatan dan skill individunya membuat bek kanan Indonesia kalang kabut. Umpan silangnya pun tak kalah berbahaya. Dua assistnya berbuah dua gol Siem De Jong.

Depan:
Wesley Sneijder: 5

Tidak terlalu impresif. Mencoba bermain kreatif, umpan-umpan Sneijder malah gampang dibaca pemain Indonesia. Usaha sepakan jarak jauh kerasnya pun sangat jauh dari sasaran.

Robin Van Persie: 6
Mendapatkan beberapa peluang, eksekusi Van Persie masih jauh dari sasaran. Sedangkan saat sepakannya mengarah ke gawang, semua mentah di tangan Kurnia Meiga. Akhirnya ia diganti di awal babak kedua.

Pemain pengganti:
Kenneth Vermeer: 6

Masuk di babak kedua, Belanda tetap mendominasi jalannya pertandingan. Gawang Vermeer pun relatif tidak mendapatkan ancaman berarti.

John Heitinga: 6
Tidak banyak mendapatkan tekanan di paruh kedua. Bek Everton itu baru terlihat kualitasnya saat memotong beberapa umpan silang di penghujung babak kedua.

Arjen Robben: 7
Masuk menggantikan Lens, Robben tampil eksplosif di babak kedua. Gelandang cepat itu mencetak gol dengan gaya khasnya di akhir babak kedua.

Siem De Jong: 8
Tandukannya berhasil memecah kebuntuan Belanda di menit ke-56. Gol keduanya juga berawal dari skema yang sama. Golnya ini membuat Die Oranje lebih lepas bermain.

Ricky van Wolfswinkel: 4
Menggantikan Van Persie, pemain muda ini tampak kesulitan lepas dari penjagaan bek-bek Indonesia. Van Wolfswinkel kesulitan mendapat peluang bersih. (one)

Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016