Kiper Atletico Madrid Rebut Penghargaan Kiper Terbaik La Liga

Kiper Atletico, Thibaut Courtois (kanan) dengan trofi Copa del Rey
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez
VIVAbola -
'Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa Tidak Layak'
Kiper Atletico Madrid, Thibaut Courtois berhasil  merebut penghargaan Zamora Trophy atau kiper terbaik La Liga 2012-13. Penghargaan ini diberikan kepada kiper yang memiliki rasio kebobolan terendah sepanjang musim.

Atletico Siap Libas Barca dan Madrid Musim Depan

Seperti dilansir
Atletico Madrid Batal Lawan Galatasaray
Football Espana , kiper internasional Belgia ini hanya kebobolan 29 gol dari 37 penampilan. Rasio kebobolan Courtois hanya 0,78 gol per laga.


Keberhasilan Courtois ini berhasil menghentikan dominasi kiper Barcelona, Victor Valdes. Sebelumnya, Valdes berhasil meraih penghargaan ini dalam 4 musim beruntun.


Dalam usia 21 tahun, Courtois tercatat sebagai kiper termuda yang sukses meraih Zamora Trophy. Dia juga tercatat sebagai kiper pertama Atletico yang meraih penghargaan ini setelah Jose Francisco Molina pada 1995-96. Pemain pinjaman dari Chelsea ini menjadi pemain keenam Atletico yang menyabet Zamora Trophy.


Courtois bergabung dengan Atletico pada musim 2011-12 sebagai pemain pinjaman dari Chelsea. Dua musim di Vicente Calderon, dia sukses menjadi pilihan utama. Courtois juga berhasil mempersembahkan tiga gelar untuk Los Rojiblancos, yakni Liga Europa 2011-12, Piala Super Eropa 2012, dan Copa del Rey 2012-13.


Zamora Trophy adalah penghargaan tahunan yang diberikan untuk kiper dengan rasio gol terendah di La Liga, dan sedikitnya harus tampil dalam 28 pertandingan. Nama penghargaan dinamakan sesuai dengan nama kiper legendaris Spanyol, Ricardo Zamora. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya