Rekapitulasi Lengkap La Liga Musim 2012-13

Pesta juara Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino
VIVAbola -
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
La Liga musim 2012-13 resmi berakhir. Barcelona sudah memastikan gelar ke-22 mereka pada 11 Mei 2013 setelah Real Madrid ditahan imbang Espanyol 1-1 di Estadi Cornellà-El Prat.

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo

Los Alzugranas benar-benar tak terbendung musim ini. Mereka berhasil mengakhiri musim dengan 100 poin, atau sama dengan yang diraih oleh Real Madrid musim lalu. Sang jawara bertahan, Madrid, harus tertinggal 15 poin di belakang Barca.
Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya


Sebagai peringkat pertama dan kedua, Barca dan Madrid lolos otomatis ke penyisihan grup Liga Champions musim depan. Satu tim lagi yang mendapatkan tiket langsung adalah Atletico Madrid yang tampil impresif musim ini. Los Rojiblancos juga sukses menyabet Piala Super Eropa dengan mengalahkan Chelsea dan Copa del Rey usai menaklukkan Real Madrid di partai puncak.

Jatah play-off Liga Champions berhasil direbut oleh Real Sociedad. Tim asal Basque ini memastikan tiket setelah menaklukkan Deportivo La Coruna 1-0 di pekan terakhir dini hari tadi. Ini adalah kali pertama Sociedad merebut tiket Liga Champions sejak musim 2002-03.


Sementara itu, Valencia harus puas dengan jatah tiket Liga Europa. Kekalahan 3-4 atas Sevilla di pekan terakhir membuat tim yang sempat mengunjungi Indonesia ini gagal melaju ke kompetisi terelit Benua Biru.


Dua tim lain yang berhak atas tiket Liga Europa adalah Real Betis (peringkat 7) dan Sevilla (peringkat 9). Malaga yang menempati keenam tak bisa berpartisipasi di kompetisi Eropa musim depan karena menyalahi aturan financial fair play.


Klub yang melaju ke perempat final Liga Champions musim 2012-13 ini sudah mengajukan banding pada UEFA atas hal ini. Keputusan akhir akan diumumkan pada 4 Juni 2013.


Sementara itu, Rayo Vallecano yang menempati posisi ke-8 tidak bisa berkompetisi di Eropa setelah Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menetapkan klub itu tidak memenuhi lisensi UEFA.


Tiga tim yang dipastikan terdegradasi ke Divisi Segunda adalah Real Mallorca, Deportivo La Coruna, dan Real Zaragoza. Sejauh ini baru Elche yang memastikan diri ke La Liga musim depan. Tim lain yang berpeluang promosi langsung adalah Villarreal, Almeria dan Girona. Peringkat 4 hingga 6 Divisi Segunda akan melakoni play-off promosi. Final play-off promosi akan berlangsung tanggal 23 Juni 2013.


Hasil Lengkap Premier League 2012-13:

Liga Champions:

Barcelona (Juara)

Real Madrid

Atletico Madrid

Real Sociedad


Liga Europa:

Valencia

Real Betis

Sevilla


Degradasi:

Real Mallorca

Deportivo La Coruna

Real Zaragoza


Promosi

Elche

* dua tim lain masih menunggu Divisi Segunda berakhir tanggal 9 Juni. Final play-off promosi tanggal 23 Juni.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya