Lahm: Kekuatan Bayern Berkembang Pesat

Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm
Sumber :
  • Zimbio

VIVAbola - Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm melihat kekuatan skuad mengalami kemajuan pesat setelah memastikan diri keluar sebagai juara Liga Champions musim ini. Bayern menyandang status sebagai juara Eropa usai mengalahkan Borussia Dortmund 2-1.

Lahm menyebut, dua kegagalan di final Liga Champions 2010 dan 2012 membuat Bayern lebih kuat. Pengalaman berharga itu, menurut Lahm, menjadi kunci sukses Bayern mengalahkan sesama tim Bundesliga pada partai final di Stadion Wembley, Sabtu 25 Mei 2013 (Minggu dinihari WIB).

Melalui gelar tersebut, Lahm menggambarkan bagaimana perkembangan tim, etos kerja tim, dan pembangunan dalam skuad selama beberapa tahun belakangan menghasilkan gelar juara Liga Champions musim 2012-13."Anda bisa melihat keberhasilan kami dari berbagai sudut berbeda," kata Lahm dikutip dari Soccerway.

Sejak mengalami kekalahan di musim 2010, Lahm mengungkapkan, Bayern selalu belajar dari kesalahan. Perbaikan dalam tim sebenarnya telah terlihat di final Liga Champions musim lalu. Sayang, tim besutan Jupp Heynckes itu kalah adu penalti saat menghadapi Chelsea. "Sekarang, akhirnya kami keluar sebagai pemenang," ucap Lahm.

Dalam final di Wembley, Bayern nyaris mengalami situasi serupa setelah Dortmund mencetak gol lewat eksekusi penalti Ilkay Gundogan. "Tapi para pemain telah menunjukkan reaksi besar dan terus mengekreasikan peluang saat kedudukan imbang 1-1. Dan kami berhasil mengunci kemenangan."

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Lahm tidak menyangkal, Bayern sempat gugup karena di bawah tekanan setelah dua kali menderita kekalahan di final. Terlebih, di final ketiga ini, mereka harus menghadapi sesama tim Jerman."Namun, kami bermain lebih baik dan mampu mengubah situasi di babak kedua," ujar Lahm. (sj)

Henrikh Mkhitaryan

Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?

Mourinho punya hubungan baik dengan CEO Dortmund, Hans Joachim-Watzke.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016