Rekor Baru Jupp Heynckes Setelah Merebut Gelar Champions

Jupp Heynckes merayakan gelar juara Bundesliga
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVAbola - Pelatih Bayern Munich, Jupp Heynckes menuliskan tinta emas dalam perjalanan karier kepelatihannya. Dia bergabung bersama Hernest Happel, Ottmar Hitzfeld dan Jose Mourinho sebagai pelatih yang mampu merebut gelar Liga Champions bersama dua tim berbeda.
Heynckes sebelumnya mengantarkan Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada 1998.

Arsitek 68 tahun itu mengantarkan tim berjulukan FC Holywood menjadi penguasa sepak bola Eropa musim ini setelah mengalahkan sesama tim Bundesliga, Borussia Dortmund 2-1 di Stadion Wembley, Sabtu 25 Mei 2013 (Minggu dinihari WIB). Dua gol kemenangan Bayern dilesakkan Mario Mandzukic dan Arjen Robben.

Heynckes berpeluang membawa Bayern merebut treble-winner. Setelah menghadapi Dortmund, Bayern akan melawan Stuttgart di final DFB Pokal pada 1 Juni 2013. Bila berhasil, Bayern menjadi satu-satunya tim asal Jerman yang mampu merebut gelar treble-winner sepanjang sejarah.

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Namun musim depan Heynckes tidak lagi menukangi Die Roten. Manajemen tim telah menunjuk Josep Guardiola--mantan pelatih Barcelona--sebagai suksesornya.

Heynckes bangga dengan performa Philipp Lahm dan kawan-kawan musim ini. Bayern mengunci juara Bundesliga 6 April 2013 usai mengalahkan Eintracht Frankfurt. Bayern juga berhasil mencetak rekor sebagai tim tercepat yang memastikan gelar dalam 50 tahun terakhir sejarah Bundesliga. Bayern mematahkan rekor mereka sendiri saat memastikan juara di pekan ke-30 musim 1972-73 dan 2002-03.

"Permainan kami tidak seperti biasa musim ini. Mereka bermain fantastis," kata Heynckes mengomentari permainan impresif Bayern.

Mantan pelatih Bayer Leverkusen itu menilai, rapor cemerlang Bayern tidak bisa dipisahkan dari perombakan pemain pada awal musim. "Kami mengubah banyak hal. Produk (Akademi) kami menimbulkan gairah besar di dalam tim. Tidak seperti sebelumnya," sambung pelatih 68 tahun itu.

Meski tidak lagi menukangi Bayern musim depan, Heynckes meminta tim konsisten melanjutkan performa bagus ini musim depan."Sangat penting para pemain terus menjaga semangat mereka di level tinggi. Ini penting, karena sejumlah pemain cadangan jarang mendapatkan kesempatan bermain di tim utama," kata Heynckes. (sj)

Henrikh Mkhitaryan

Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?

Mourinho punya hubungan baik dengan CEO Dortmund, Hans Joachim-Watzke.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016