Tim Papan Bawah ISL Kejutkan Persipura di Jayapura

Pemain Persipura, Boaz Solossa (merah kiri), saat lawan PBR
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAbola - Kejutan tercipta saat Persipura Jayapura menjamu Pelita Bandung Raya di Stadion Mandala dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Jumat 24 Mei 2013. Tuan rumah dipaksa bermain imbang 1-1 oleh tim papan bawah tersebut.

Tampil di hadapan ribuan publik Jayapura, kedua tim bermain dalam tempo sedang bahkan terkesan lamban. Persipura yang coba mengambil inisiatif pernyerangan, tak mampu menerobos barisan pertahanan PBR hingga 15 menit awal.

Tim tamu sendiri lebih terkesan bertahan dan mengandalkan serangan balik dari sayap. Namun, barisan pertahanan Mutiara Hitam yang diisi Ricardo Salampessy dan Bio Paulin mampu mementahkannya sebelum masuk kotak berbahaya.

Menit 26, Persipura memiliki peluang setelah melancarkan serangan dari sayap kanan pertahanan PBR. Ian Kabes yang mencongkel bola  berhasil memperdayai kiper PBR Tema Mursadat, tapi bola masih mengenai mistar gawang. Permainan kembali dalam tempo lamban dan skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persipura kembali mengambil inisiatif penyerangan. Namun, usaha mereka tidak juga membuahkan hasil. Malahan, PBR yang mampu mencuri gol melalui kaki Rendi Saputra pada menit 50 lewat skema serangan balik cepat.

Tertinggal, tim asuhan Jacksen F Tiago terus menaikkan tempo. Usaha itu hampir berbuah hasil setelah wasit Suharto menunjuk titik putih akibat Gerald Pangkali dijatuhkan oleh kiper PBR. Sayangnya, eksekusi penalti Boaz Solossa hanya membentur mistar.

Setelah terus melancarkan tekanan bertubi-tubi, Persipura akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 75 melalui Boaz. Umpan matang Ortizan Solossa dari sayap kanan pertahanan PBR mampu dimanfaatkan sang adik dengan sempurna.

Kedudukan sama, Persipura terus menyerang, tapi sejumlah peluang tak kunjung mengubah keadaan. Hingga peluit panjang berbunyi, kedudukan tetap imbang 1-1.

SFC Menang, Persipura Terancam

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini

Tambahan satu poin cukup mendongkrak PBR ke posisi 13 di papan klasemen ISL. Dengan 22 poin dari 20 laga, PBR unggul selisih gol atas Persepam MU yang berada di bawahnya.

Sedangkan untuk tim "Mutiara Hitam", mereka masih kokoh di puncak klasemen dengan 48 poin dari 20 laga. Tapi, hasil imbang ini membuat posisi Persipura terancam oleh Sriwijaya FC yang berhasil menang di markas Persiwa Wamena.

Pada laga di Stadion Pendidikan pada hari yang sama, SFC berhasil menggebrak tuan rumah dan mencuri gol pada menit ke-8. "Laskar Wong Kito" berhasil mencuri gol lewat Erick Weeks Lewis. Mantan pemain Persiwa itu pun menolak selebrasi untuk menghormati mantan timnya. Skor tipis 1-0 ini bertahan sampai bubaran.

Tiga poin di Wamena ini amat penting untuk tim asuhan Kas Hartadi. SFC berhasil naik dua peringkat ke posisi 2 klasemen sementara ISL dengan 42 poin dari 20 laga, menggeser Persib Bandung dan Arema Indonesia. Kemenangan ini membuat juara bertahan ISL itu hanya berjarak enam poin saja dari Persipura.

Sementara itu, Persiwa masih tak bergerak di papan tengah klasemen. Tim "Badai Pegunungan" duduk manis di peringkat 11 dengan 23 poin. (one)

Striker Timnas Indonesia, Boaz Solossa (kiri) bersama Dokter Timnas Syarif Alwi

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Cuma pakai sepatu kets, ditemani dokter Timnas.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016