"Dortmund Bukan Underdog di Final Liga Champions"

Kalah 0-2 dari Madrid, Dortmund Tetapa Melaju Ke Final Liga Champions
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender
VIVAbola -
Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?
Bayern Munich akan menghadapi Borussia Dortmund dalam partai final Liga Champions, 25 Mei 2013. Banyak pihak yang menganggap Dortmund hanyalah underdog dalam laga di Wembley nanti.

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Patokannya adalah Bayern begitu tampil impresif musim ini. Die Roten sanggup menjadi juara Bundesliga dengan keunggulan 25 poin atas Dortmund. Mereka juga berhasil menyingkirkan Barcelona dengan agregat 7-0.
Barcelona dan Dortmund Kejar Striker Timnas Jerman


Namun anggapan berbeda diungkapkan oleh mantan pelatih Dortmund, Thomas Doll. Pria yang melatih Dortmund sebelum digantikan Juergen Klopp pada 2007-08 ini yakin Die Schwarzgelben sudah tak lagi berstatus underdog.


"Waktu menjadi underdog sudah selesai. Dortmund telah menjuarai Bundesliga dua kali. Mereka memenangkan Piala Jerman. Mereka telah berkembang sebagai tim, terutama dalam pentas internasinal," kata Doll seperti dilansir Soccerway.


"Mereka tim yang sangat muda. Mereka bermain baik tahun lalu. Namun sering gagal karena banyak membuang peluang. Saya tak berpikir ada tim yang disebut underdog di final," lanjut pria 47 tahun ini.


Bayern berpeluang besar merebut treble winners musim ini. Tim besutan Juergen Klopp sudah pasti merebut Bundesliga dan melaju ke final DFB-Pokal dan Liga Champions. Namun menurut Doll, semuanya akan berantakan jika Die Roten gagal merebut Liga Champions.


"Seluruh musim Bayern akan hancur jika mereka kalah di final Liga Champions. Dortmund akan berdiri tegak dengan cara mereka," kata Doll.


"Bayern tahu, Dortmund punya keunggulan psikologis. Tak ada yang memprediksi Dortmund bisa ke final setelah apa yang mereka lakukan di Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir. Mereka tak punya bangku cadangan sebaik Munich. Jadi jika Dortmund kalah, tak ada yang perlu menundukkan kepala," tegasnya.


Bayern sudah empat kali merebut gelar Liga Champions pada 1974, 1975, 1976, dan 2001. Sementara itu Dortmund baru sekali juara pada 1997.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya