Disanksi AFC, PSSI Siap Ajukan Banding

Sekjen PSSI, Hadiyandra
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) menjatuhi sanksi berupa denda kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) total sebesar 15 ribu dollar (sekitar 140 juta rupiah). Denda terkait sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh suporter timnas Indonesia.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

PSSI didenda sebesar 10ribu dollar buntut dari insiden pelemparan botol air mineral dan kembang api di pertandingan melawan Arab Saudi di babak penyisihan grup C Pra Piala Asia 2014, 23 Maret lalu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Selain itu, Indonesia juga wajib membayar denda sebesar 5 ribu dollar menyusul kericuhan serupa yang dilakukan penonton saat laga kontra Australia, Timor Leste, Macau, dan Singapura. Indonesia terkena sanksi kode disiplin AFC pasal 67.


Menanggapi hukuman tersebut, Sekretaris Jendral PSSI, Hadiyandra menegaskan pihaknya akan mengajukan banding ke Komisi Banding AFC. "Kami masih menyusun memori banding. Saat ini, kami sedang menyusun kronologis insiden tersebut," ujar Hadiyandra.


Hadiyandra menambahkan akan meminta Ketua Panitia pelaksana pertandingan untuk menyusun laporan secara kronologis yang selanjutnya akan disampaikan kepada AFC. "Kami berharap keputusan itu ditinjau ulang agar jangan memberatkan kami," lanjut Hadiyandra.


Dia pun melanjutkan ini bisa menjadi pelajaran bagi suporter Indonesia untuk bersikap lebih dewasa dalam memeberikan dukungan. Dia pun berharap di masa yang akan datang. suporter tidak melakukan aksi yang melanggar aturan yang ada.


"Ke depannya kami meminta penonton menikmati pertandingan dan tidak membuat tindakan yang merugikan sepakbola Indonesia. Jangan sampai euforia yang berlebihan justru mendatangkan petaka," ujar Hadiyandra menambahkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya