Widodo Kritik Wasit GU vs Persipura

Widodo Cahyono Putro melatih Gresik United
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Syaiful Ari

VIVAbola - Persegres Gresik United (GU) menerima pelajaran berharga dari pimpinan klasemen Indonesia Super League (ISL) Persipura Jayapura. Kendati berstatus tuan rumah, armada besutan pelatih Widodo Cahyono Putro itu gagal menang setelah skor tipis 1-0 bertahan hingga akhir di Stadion Tri Darma Petrokimia, Minggu, 19 Mei 2013.

Widodo bahkan legowo mengakui kalau tim tamu lebih baik. "Harus diakui tim tamu bermain lebih baik dari kami. Mereka (Persipura) benar-benar menunjukkan permainan sebagai calon juara," ujarnya seusai laga.

Sebenarnya, GU sempat membalas di menit-menit akhir babak pertama. Namun gol Sasa Zecevic dianluri wasit Oki Dwi Putra karena handsball lebih dulu. Terlepas dari itu, Widodo menegaskan jika finishing touch anak asuhnya masih perlu dipoles lagi.

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

"Ya benar, saya akui Sasa lebih dulu handsball. Tapi, memang kami harus memoles kembali penyelesaian akhir. Dan saya angkat topi dengan penampilan You Jae Hon," tegas mantan bintang Petrokimia Putra ini.

Lebih lanjut, Widodo menyoroti kepemimpinan wasit yang tidak tegas. Dia menilai wasit selalu ragu dalam mengambil keputusan. "Jika kami yang dilanggar, dia (Oki) berkonsultasi dengan hakim garis. Sementara kalau Persipura dapat pelanggaran dia cepat meniup peluit. Selain itu, banyak pemain Persipura jatuh tapi tambahan waktu hanya tiga menit," keluh mantan asisten pelatih timnas U-23 ini.

Partai itu memang berlangsung ketat. Bahkan jual beli serangan diperagakan kedua tim. Hanya saja Persipura lebih dinaungi dewi fortuna. Gol semata wayang yang dicetak Bio Paulin di menit ke-13 juga tak lepas dari kelalaian barisan belakang GU memantau pergerakannya. Bio menyontek bola setelah berhadap-hadapan dengan kiper Hery Prasetya.

Pada babak kedua, skuad tuan rumah berhasil mendominasi dan bermain agresif serta mendapatkan banyak peluang emas. Namun, kepiawaian kiper Persipura, You Jae Hoon, sukses mengagalkan serangan Aldo Barreto dkk. Salah satu diantaranya tendangan bebas Diogo Santos sukses ditepis kiper Persipura, di menit ke-75.

Bahkan, empat menit berselang peluang melalui dua kali tandukan Aldo juga sukses diamankan kiper asal Korea Selatan tersebut. Selain itu, tendangan Riski Novriansyah di menit ke-87 juga berhasil diselamatkan You Jae. Skor 0-1 untuk Persipura tetap bertahan hingga laga usai.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago bahkan mengakui laga di Gresik lebih berat dibanding partai terakhir Boas Solossa dkk kala menundukkan Arema Malang 2-1. Dia menyebutkan jika peak pemainnya terkuras pada laga di Stadion Kanjuruhan itu.

"Kami sudah memprediksi laga ini akan berlangsung keras. Karena peak pemain terkuras di Malang, dan saya harus kerja keras meningkatkan mental dan kepercayaan diri anak-anak," tandas pria yang pernah berduet dengan Widodo ini.

Dengan hasil ini, Persipura makin kokoh di puncak klasemen 47 poin. Persipura belum terkalahkan di 19, menang 14 kali dan seri lima kali. Persegres pun gagal mematahkan rekor Persipura yang belum terkalahkan. Sebaliknya Persegres masih mengumpulkan 22 poin di posisi 12.

Pelatih anyar Persipura Jayapura, Liestiadi.

Kalah dari PSM, Pelatih Gresik United Amuk Wasit

"Bagaimana sepakbola kita maju kalau wasit kerap blunder," ujarnya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016