Rekapitulasi Klasemen Akhir Bundesliga 2012-13

Bayern Munich rayakan gelar juara Bundesliga
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVAbola -
Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?
Bundesliga 2012-13 telah resmi berakhir. Bayern Munich telah memastikan gelar Liga Jerman ke-23 saat liga baru memasuki pekan ke-28, atau masih menyisakan 6 pertandingan.

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Laju Die Roten musim ini memang begitu tak tertahankan. Di tabel klasemen akhir, Bayern sukses mengumpulkan 91 poin. Juara bertahan Borussia Dortmund menempati posisi kedua, tertinggal 25 poin dari armada Jupp Heynckes.
Barcelona dan Dortmund Kejar Striker Timnas Jerman


Selain Bayern, dua tim lain yang berhak lolos ke Liga Champions musim depan adalah Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen. Schalke 04 berhasil mengamankan jatah play-off
Liga Champions setelah di laga terakhir menumbangkan pesaingnya, SC Freiburg 2-1.


Sebaliknya, kekalahan dari Schalke membuat Freiburg harus puas menempati jatah Liga Europa. Tim lain yang mendapat jatah lolos ke kompetisi kedua Eropa ini adalah tim promosi Eintracht Frankfurt.


Satu jatah lagi untuk ke Liga Europa ditempati oleh VfB Stuttgart. Sebagai finalis DFB-Pokal, Stuttgart mendapat jatah karena Bayern Munich sudah pasti lolos ke Liga Champions. Ini tidak melihat posisi Stttgart yang berada di posisi ke-12.


Nasib buruk harus SpVgg Greuther Fürth dan Fortuna Düsseldorf. Dua tim promosi ini hanya numpang lewat di Bundesliga karena harus kembali terdegrasi. Posisi mereka musim akan digantikan oleh Hertha Berlin dan Eintracht Braunschweig yang berhasil promosi dari Bundesliga 2.


Sementara itu, Hoffenheim yang menempati posisi ke-16 harus melakoni laga play-off promosi-degradasi melawan Kaiserslautern untuk menentukan nasib mereka.


Berikut rekapitulasi Bundesliga 2012-13

Juara:
Bayern Munich

Penyisihan grup Liga Champions:
Bayern Munich, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen

Play-off Liga Champions:
Schalke 04

Penyisihan grup Liga Europa:
VfB Stuttgart (finalis DFB-Pokal)

Play-off Liga Europa:
SC Freiburg

Babak ketiga kualifikasi Liga Europa:
Eintracht Frankfurt

Degradasi:
Fortuna Düsseldorf, SpVgg Greuther Fürth

Promosi:
Hertha Berlin, Eintracht Braunschweig

Play-off promosi degradasi:
1899 Hoffenheim vs Kaiserslautern

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya