Curhatan Wasit Terkait Intimidasi Ofisial dan Suporter

Jimmy Napitupulu
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon
VIVAbola -
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Anggota Komite Wasit PSSI, Jimmy Napitupulu menilai tekanan dari offisial tim dan suporter ikut mempengaruhi kinerja wasit di dalam lapangan. Analisa itu disampaikan Jimmy selama putaran I ISL bergulir.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Seharusnya, Jimmy meminta ofisial tim terutama pelatih tak memberikan reaksi berlebihan saat wasit mengeluarkan keputusan yang dianggap merugikan. Dia meminta pelatih untuk melihat rekaman pertandingan sebelum mengeluarkan statement. "Kalau salah memberikan pernyataan, siapa yang malu? pelatih itu sendiri tentunya."
Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah


"Protes berlebihan kepada wasit membuat kinerja mereka menjadi tidak optimal. Hendaknya, mereka bisa tetap tenang dan tidak mengeluarkan protes yang dapat menyudutkan wasit. Mereka (pelatih) bisa melihat rekaman pertandingan dan kemudian bisa berkomunikasi dengan Komite Wasit jika tidak puas dengan keputusan wasit," beber Jimmy.


Wasit senior di Indonesia itu pun meminta semua pihak, tidak terkecuali pelatih untuk menaruh respek terhadap wasit. "Sebab, seburuk-buruknya pertandingan akan lebih buruk bila tidak ada wasit yang memimpin pertandingan. Seharusnya pelatih bisa berbicara dengan wasit terlebih dahulu sebelum mengajukan protes," kata Jimmy.


Namun, di mata Jimmy, kekesalan offisial termasuk pelatih dan pemain sebuah tim tidak dapat dipisahkan dari masalah internal seperti tertunggaknya gaji. "Tapi jangan wasit yang dijadikan pelampiasan. Jika pertandingan berjalan lancar dan tidak ada masalah, tentu akan mudah mendatangkan sponsor. Yang senang siapa? Kita semua. Karena kami mencari makan dari sepakbola."


Kendati demikian, Jimmy menyadari, wasit masih banyak melakukan kesalahan selama putaran I. Dia menarik kesimpulan itu dari hasil evaluasi yang dilakukan Komite Wasit PSSI selama putaran I. Jimmy meminta kepada seluruh wasit pertandingan bisa memimpin secara fair dan tidak takut memberikan keputusan.


"Wasit masih banyak kesalahan, terutama dalam mengambil penempatan posisi dan kurang berani memberikan hukuman berupa kartu kepada pemain," ungkap Jimmy menambahkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya