10 Catatan Penting Karier Sang Ikon David Beckham

David Beckham diperkenalkan PSG
Sumber :
  • Reuters
VIVAbola -
Beckham Tetap Kebanjiran Uang Usai Pensiun
Tak dapat dipungkiri jika sosok David Beckham adalah magnet sepakbola modern. Kualitasnya di atas lapangan berhasil ditopang dengan wajah menjualnya. Tak heran jika Beckham dianggap sebagai salah satu kunci sukses sepakbola mewabah di belahan dunia.

Wales Lolos Piala Eropa 2016, Ini Sosok yang Dikenang

Kini sang megastar memutuskan akan pensiun. Namun, Beckham akan tercatat dalam sejarah olahraga sebagai sosok paling berpengaruh. Dan klub rakasasa Prancis, Paris Saint-Germain mendapat kehormatan menjadi klub terakhir yang dibela Beckham. Trofi Ligue 1 berhasil disabetnya bersama PSG.
Beckham dan Ferguson Bakal Kembali Tampil Bersama


Sebelumnya, pria 38 tahun ini juga telah mempersembahkan trofi bagi Manchester United, Real Madrid dan LA Galaxy. Dengan kata lain, empat negara yakni Inggris, Spanyol, Amerika Serikat dan terakhir Prancis berhasil ia taklukkan.


Nah, berikut ini 10 catatan penting dalam karier sepakbola David Beckham:

1. Masuk daftar pemain paling sering membela timnas
Beckham berhasil melakoni laga ke-109 bersama timnas Inggris saat bersua Slovakia di laga persahabatan pada Maret 2009. Angka itu berhasil melewati rekor yang dipegang Bobby Moore. Total Beckham telah melakoni 115 cap bersama timnas Inggris. Hanya kiper legendaris Peter Shilton yang kini berada di atas Beckham dengan koleksi 125 cap.


2. Memenangkan gelar treble bersama MU
Beckham menjadi sosok penting saat MU merengkuh gelar treble pada 1999 usai mengamankan trofi Premier League, Piala FA dan terakhir Si Kuping Besar. Saat itu Beckham juga menjadi runner up pemain terbaik dunia di bawah bintang Brasil, Rivaldo.


3. Mencetak gol dari tengah lapangan
Agustus 1996, saat masih memperkuat Manchester United, David Beckham sukses mencetak gol spektakuler. Beckham mencetak gol dari tengah lapangan untuk menjebol gawang Wimbledon yang saat itu dikawal kiper Neil Sullivan.


4. Penalti ke gawang Argentina
Pada Piala Dunia 2002, David Beckham berhasil mencetak gol penting kemenangan Inggris atas Argentina di fase penyisihan grup. Beckham berhasil mencetak gol penalti untuk memastikan kemenangan Inggris. Gol Beckham ini juga menjadi penebus kesalahan Beckham di Piala Dunia 1998 saat Inggris dikalahkan Argentina.


5. Jadi Kapten Timnas Inggris
Setelah Kevin Keegan mundur sebagai pelatih timnas Inggris pada 2000, Peter Taylor yang dipilih sebagai caretaker memberikan ban kapten kepada Beckham. Sejak itu, Beckham selalu menjadi kapten Inggris hingga 2006.


6. Menjadi pemain dengan gaji tertinggi
Pada 2007, Beckham menjadi pemain dengan gaji tertinggi saat dikontrak lima tahun oleh LA Galaxy. Saat itu Beckham dikontrak USD250 juta oleh klub raksasa MLS itu.


7. Memenangkan gelar La Liga
Setelah menjadi pujaan di Old Trafford, Beckham memutuskan hengkang ke La Liga pada 2003. Namun Beckham harus menunggu hingga 2007 untuk dapat menaklukkan La Liga setelah Real Madrid mengalahkan sang rival Barcelona.


8. Tendangan bebas ke gawang Yunani
Beckham dikenal sebagai salah satu pemain dengan kemampuan mematikan saat melakukan tendangan bebas. Dan tendangan bebas Beckham ke gawang Yunani pada 2001 di kualifikasi Piala Dunia 2002 dianggap banyak kalangan menjadi yang terbaik. Saat itu pertandingan telah memasuki menit 93 dan Beckham berhasil mencetak gol lewat tendangan bebas. Kiper Yunani Antonios Nikopolidis tentu akan selalu mengingat moment itu.


9. Memenangkan Piala MLS
Pada 2011, Beckham berhasil mengantarkan LA Galaxy memenangkan gelar liga MLS saat sukses mengalahkan Houston Dynamo di Home Depot Centre.


10. Memenangkan Piala FA Junior
Sebelum dipromosikan ke tim senior MU, Beckham juga menjadi motor MU muda saat menyabet Piala FA. Bersama Gary Neville, Nicky Butt dan Ryan Giggs, Beckham berhasil mengantarkan MU menggulung Crystal Palace dengan agregat 6-3. Tim ini menjadi cikal bakal generasi emas MU di era 1990an.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya