Transfer Terburuk MU dalam Starting XI Rezim Ferguson

Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • REUTERS/Bogdan Cristel

VIVAbola - Sir Alex Ferguson dikenal sangat jenius dalam memilih pemain selama menukangi Manchester United. Namun bukan berarti pria asal Skotlandia ini tak punya catatan kurang bagus saat mendatangkan beberapa pemain ke Old Trafford.

Ferguson yang telah memutuskan pensiun sebagai manajer MU ini juga tercatat beberapa kali salah mendatangkan pemain. Bahkan termasuk saat mendatangkan beberapa nama besar macam Laurent Blanc, Juan Sebastian Veron hingga Jordi Cruyff.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Nah, berikut ini daftar pembelian terburuk Ferguson yang berhasil masuk dalam starter XI MU dengan menggunakan formasi 3-5-2:

1. Massimo Taibi
Di posisi penjaga gawang ditempati Taibi. Kiper ini didatangkan Ferguson dengan transfer 4,5 juta poundsterling guna menggantikan posisi Peter Schmeichel. Namun, performanya sangat jauh dari harapan dan kerap melakukan blunder. Bahkan, Taibi saat itu dianggap sebagai pembelian terburuk di Premier League.

2. William Prunier
Di posisi bek salah satunya ditempati William Prunier. Bek ini bergabung dengan MU dari Bordeaux pada 1995. Meski sempat tampil mengagumkan di laga perdana bersama MU melawan QPR, namun Prunier kerap menjadi kambing hitam dari penampilan buruk MU.

3. Pat McGibbon
Bek ini didatangkan Ferguson dari Portadown dengan status sebagai pemain muda masa depan. Namun bek muda Irlandia ini hanya dimainkan satu kali saat melakoni debut melawan York City pada 1995. Ia akhirnya dibuang ke Wigan Athletic.

4. Laurent Blanc
Blanc diboyong Ferguson dari Inter Milan pada 2001. Blanc didatangkan untuk menggantikan peran Jaap Stam yang hengkang ke Lazio. Meski ditempatkan sebagai sosok pemimpin, namun penampilan Blanc dianggap jauh dari harapan. Blanc yang saat itu telah berusia 35 tahun akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2003.

5. Jordi Cruyff
Di posisi gelandang diawali dari putra legenda sepakbola Belanda ini. Berstatus sebagai putra Johan Cruyff, gelandang kanan ini diharapkan Fergie mampu mengikuti jejak ayahnya. Namun, Jordi gagal membuktikannya dan akhirnya dibuang ke klub gurem Spanyol, Alaves.

6. Bebe
Kehadiran pemain ini memang sangat mengejutkan. Ferguson melakukan perjudian terbesar hanya karena mendengarkan rekomendasi orang kepercayaannya. Ia memboyong Bebe dengan nilai transfer 7,4 juta pounds. Ferguson mengakui ia tak pernah melihat Bebe bermain sebelumnya. Hasilnya, Bebe gagal total di Old Trafford dan dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas.

7. Kleberson
Gelandang timnas Brasil ini datangkan Ferguson denan nilai transfer 6,5 juta poundsterling dan diharapkan mampu menjadi kunci di lapangan tengah MU. Namun nyatanya selama dua musim di MU, Kleberson hanya bermain 20 kali.

8. Juan Sebastian Veron
MU harus mengeluarkan dana sebesar 28,1 juta poundsterling untuk mendongkel Veron dari Lazio. Ferguson berharap gelandang timnas Argentina ini akan mampu memberikan kreativitas di lini tengah MU. Namun, penampilan Veron tak stabil dan membuat Ferguson melegonya ke Chelsea. Di Chelsea, Veron juga tak mampu bersinar.

9. Eric Djemba Djemba
Gelandang asal Kamerun ini didatangkan dari Nantes pada 2003 senilai 3,5 juta poundsterling. Ia digadang-gadang akan menjadi Roy Keane baru sebagai gelandang perusak. Sayang kariernya tak sesuai harapan dan dilego ke Aston Villa.

10. David Bellion
Di posisi striker, nama David Bellion pantas masuk dalam starter terburuk Ferguson. Striker asal Prancis ini gagal membuktikan ketajamannya dengan hanya membukukan 4 gol dalam 24 laganya bersama MU.

11. Diego Forlan
Striker timnas Uruguay ini dianggap sebagai salah satu striker gagal MU. Kariernya di MU tak semulus harapan. Digadang-gadang sebagai penerus Ruud van Nistelrooy, pemain yang diboyong dari Independiente ini tak mampu membuat senang Ferguson. 10 gol dalam 63 laga menjadi alasannya.

Lalu dari starter itu, siapakah pemain-pemain yang masuk dalam bangku cadangan? Nama Owen Hargreaves, Alan Smith, Gabriel Obertan, Mame Biram Diouf, Dong Fangzhuo, dan Manucho layak masuk dalam bangku cadangan.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016