Pilih Tim Anda
Daftar

Jakarta Mencari Jawara "Bola Jalanan" untuk Bertemu Timnas Belanda

Event bertajuk "Tempat Main Gue" ini menyambut Indonesia vs Belanda.
Kamis, 16 Mei 2013, 05:20 WIB
Edwan Ruriansyah
Sepakbola jalanan (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAbola - Nike Indonesia akan mendukung antusiasme anak-anak Jakarta berusia 15-18 tahun yang suka bermain sepakbola jalanan dalam kompetisi 5 lawan 5 pada 18 Mei-5 Juni 2013. Turnamen ini berhadiah menarik, juaranya akan bertemu para pemain tim nasional Belanda.

Selain untuk menyambut laga uji coba timnas Indonesia vs Belanda, 7 Juni 2013, event identik dengan permainan futsal ini juga diilhami oleh permainan sepakbola jalanan yang marak di Brasil, juga di seluruh Indonesia. Karena sepakbola bisa dimainkan kapan dan di mana saja, tak dibatasi luasnya lahan, peraturan, fasilitas maupun jumlah pemain.

"Bagi orang-orang Brasil, jalanan adalah tempat di mana Anda belajar untuk bermain sepakbola. Anda dapat melihatnya lewat cara kami bergerak, sentuhan pertama pada bola, juga kemampuan kami untuk mengendalikan dan memindahkan bola dengan kecepatan," kata bintang timnas Brasil, Neymar.

Karena mengadaptasi permainan sepakbola jalanan yang dimainkan anak-anak nyaris 24 jam setiap hari alias 24/7, maka event ini digelar di beberapa jenis lapangan berbeda, dari lapangan tanah liat, keras maupun sintetis. Rencananya, event bertajuk "Tempat Main Gue" ini akan digelar di 5 kotamadya di DKI Jakarta dengan melibatkan peserta lebih dari 300 tim dan 2.100 anak-anak.

"Jika memang para peserta ingin bermain di lapangan tanah yang becek di halaman rumahnya pun jadi," kata Nino Priambodo, Country Marketing Manager Nike Indonesia. "Karena ini justru akan semakin menambah unik pertandingan dan menggambarkan identitas lokal."

Portugal Vs Belanda
"Peraturan Gue" & Bertemu Wesley Sneijder Cs

Tempat Main Gue ini pun mengadopsi "peraturan gue" yang tak kaku, formal maupun standar. Pihak penyelenggara hanya memberikan standar waktu pertandingan 1x15 menit dan ukuran gawang 2x3 meter. Dan nyaris tak ada wasit karena hanya marshall dan pengawas pertandingan di lapangan.

Panitia mewajibkan satu tim beranggotakan maksimal 7 pemain (5 pemain starter ditambah 2 cadangan). Mereka harus memperkuat wilayah kotamadya masing-masing dimana proses verifikasinya dilakukan lewat sekolah.

Babak penyisihan Tempat Main Gue akan digelar pada 19 Mei 2013 mulai pukul 8.00 WIB di wilayah Jakarta Selatan (Lapangan Futsal Hanggar, Pancoran) dan Jakarta Barat (Lapangan Cendrawasih, Cengkareng). Disusul pada 26 Mei 2013 untuk wilayah Jakarta Utara (Kolong Kubur Koja, Pluit), Jakarta Timur (Rusun Griya Tipar, Cakung) dan Jakarta Pusat (Lapangan Arcici, Cempaka Putih Barat). "Jawara kota" ini ditentukan dengan sistem gugur.

Berikutnya, 5 jawara kota ini akan bertemu di babak perempatfinal dengan sistem setengah kompetisi di tempat netral yang masih dirahasiakan pada 1 Juni 2013. 4 tim teratas akan lolos ke semifinal pada 2 Juni 2013.

Lewat undian di babak 4 besar ini, setiap tim hanya bermain 2 kali dengan sistem kandang dan tandang. Dimana tiap tim boleh memilih tempat mereka biasa bermain sebagai kandangnya. Baru pemenangnya akan lolos ke final pada 5 Juni 2013, juga dengan sistem kandang tandang.

Pemenang di tiap wilayah alias jawara kota akan mendapatkan akses bertemu bintang-bintang timnas Belanda. Juara Tempat Main Gue akan mendapatkan trofi atau memorabilia spesial, produk Nike serta akses eksklusif bertemu Wesley Sneijder cs.

Pemain Timnas Belanda dengan kostum Euro 2012

"Bentuk aksesnya seperti apa masih belum bisa kami ungkapkan, biar menjadi kejutan," tutur Country Marketing Manager Nike Indonesia, Nino Priambodo.

Anak-anak Jakarta pasti sangat bergairah menyongsong event ini. Apalagi, mereka berkesempatan untuk bertemu para pemain profesional timnas Belanda. Sebuah pengalaman sangat menginspirasi dan takkan terlupakan.



© VIVAbola
Share :  
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar. 
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id